Comscore Tracker

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai Asuransi

No Worry, Be Happy!

Untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan sendirian (solo traveling) pertama kali, wajar jika kamu berasa takut dan ragu. Kemungkinan-kemungkinan buruk hiasanya akan lebih banyak menghantui karena kurangnya pengalaman. Namun yang perlu diingat, semua itu dapat diantisipasi jika kamu melakukan perencanaan dengan matang.

Biasanya, untuk mengatasi ketidaktahuan di tempat tujuan, pertama-tama kamu membutuhkan guidebook. Selain itu, kamu juga memerlukan informasi lain untuk memastikan perjalananmu aman dan tentu saja menyenangkan. Berikut ini 12 pedoman bagi pemula yang ingin melakukan solo traveling.

1. Kamu sudah berani memutuskan untuk pergi, jadi jangan takut! Kamu tidak sendiri di dunia ini, selalu ada orang lain yang bisa membantu. Kesalahan adalah bagian dari pengalaman.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi traveler saling membantu. (iStockphoto)

2. Selain guidebook, penting kamu mencari info lebih banyak dari warga lokal atau riset testimoni traveler lain untuk informasi lebih detailnya.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi riset sebelum traveling. (iStockphoto)

3. Traveling itu soal kualitas, bukan kuantitas. Jadi, nikmati saja perlahan jangan terburu-buru. Nikmati setiap suasana, kuliner dan kultur di lokasi tersebut.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi solo traveling. (pixabay)

4. Catat dan pikirkan matang-matang barang yang akan dibawa. Hindari asumsi "untuk berjaga-jaga" sehingga memberatkan tas ransel/kopermu. Pack light tentu akan sangat membantu bagi kamu para solo traveling pemula.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi packing. (istockphoto.com)

5. Memiliki asuransi perjalanan. Ini akan kamu butuhkan jika solo traveling ke luar negeri sekaligus mengantisipasi jika kamu berada dalam situasi darurat.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi travel insurance. (eastjourneymagz.com)

6. Gunakan SIM Card lokal negara tujuan. Kamu harus ingat, tidak semua kawasan memiliki WiFi gratis. WiFi biasanya hanya tersedia di ruang publik tertentu saja. Sedangkan paket roaming di Indonesia sangat mahal dan terbatas.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi SIM Card. (forbes.com/getty images)

7. Dari rencana hingga berangkat traveling, pastinya akan ada satu dua hal yang membuat rencanamu akan terganggu. Maka dari itu, jangan stres dan dipikirkan berlebihan. Let it flow! Pastikan rencana travelingmu itu fleksibel.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi pelancong. (istockphoto.com)

Baca Juga: 10 Potret Kota Terbaik Dunia untuk Solo Traveling, Ada Ubud!

8. Membawa uang lebih akan menyelamatkanmu dari situasi tidak terduga. Kamu juga akan merasa lebih "aman" jika kamu membawa extra money dan pandai mengelolanya hingga liburanmu selesai.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi uang. (istockphoto.com)

9. Saat akan solo traveling, ingatlah ini. Everyone is in the same boat. Jangan takut saat di tempat baru dan beranikan berkenalan dengan traveler lain. Traveling akan lebih seru jika kamu mendapatkan teman baru bukan?

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi pergi bersama teman. (istockphoto.com)

10. Be Adventurous. Saat traveling, kamu akan berada di luar zona nyamanmu selama ini. Nikmatilah itu semua. Tantang dirimu sendiri dan cobalah berbagai hal baru!

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi. (istockphoto.com)

11. Jika kamu tidak suka dengan lokasi tujuanmu, pindahlah ke tempat lain. Bahkan jika kamu kurang menikmatinya, pulanglah lebih awal, tapi jangan langsung berhenti. Kamu melakukam perjalanan untuk membuatmu senang. So, It’s ok to change your mind. 

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi traveler yang bingung. (adventure.howstuffworks.com)

12. Berpergian sendiri bukan berarti kamu benar-benar sendirian. Akan selalu ada orang di sekitarmu yang bisa membantu jika kamu menghadapi kesulitan. Itulah gunanya banyak berkenalan dengan pelancong lain saat traveling.

12 Panduan Solo Traveling Bagi Pemula, SIM Card Lokal Sampai AsuransiIlustrasi traveling bersama. (iStockphoto)

Setiap akan melakukan perjalanan baru, perasaan gugup itu wajar. Namun kamu harus pandai mengelola rasa khawatir itu dengan persiapan yang matang. Tarik nafas dalam-dalam, rileks, dan bersiaplah menikmati solo traveling pertamamu!

Baca Juga: Mau Solo Traveling? Ini 7 Travel Hack yang Wajib Kamu Tahu

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya