Comscore Tracker

Gunung, Pantai, hingga Air Terjun Kece, Situbondo Punya Semua!

Paket komplit, gak kalah pokoknya sama Banyuwangi

Tak kalah dengan Banyuwangi yang kian hits dengan wisatanya, Situbondo juga mulai dilirik oleh travellers. Kabupaten dengan motto, East Side of Paradise ini memiliki paket wisata lengkap. Mau yang sejuk-sejuk? Kamu bisa naik gunung. Mau main pasir? Pantai di Situbondo bolehlah diadu dengan Bali. Gak sabar kan, berikut ulasan lengkapnya.

1. Gunung Argopuro

Gunung, Pantai, hingga Air Terjun Kece, Situbondo Punya Semua!instagram.com/mokund

Gambar di atas ialah gambar gunung Argopuro yang diambil dari danau Taman Hidup di lereng gunung. Memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter, gunung Argopuro kini sudah tidak aktif lagi. Meski begitu, gunung ini menyisakan panorama alam nan subur yang didominasi dengan hijaunya pohon, dan rerumputan.

Puncak Rengganis, favorit para pendaki untuk menghabiskan waktu di sini. Konon menurut masyarakat sekitar, di puncak Rengganis ini adalah tempat tinggal Dewi Rengganis, yang tak lain adalah adik dari Nyi Roro Kidul.

2. Savana Bekol

Gunung, Pantai, hingga Air Terjun Kece, Situbondo Punya Semua!instagram.com/firmasyah_chandra

Gak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menikmati hamparan savana luas. Di Indonesia juga ada kok, dan gak kalah keren. Salah satunya savana Bekol yang berada di taman nasional Baluran. Dengan latar belakang pemandangan gunung Baluran, kamu dapat menikmati panorama alam sekitar ditemani oleh beberapa macam satwa yang menghuni kawasan ini seperti banteng, kerbau, dan rusa.

Gak perlu khawatir soal perut, kamu juga dapat menemukan tempat makan di sekitar area wisata, toilet, dan mushola. Selain berwisata, wisatawan memanfaatkan savana Bekol sebagai tempat hunting foto.

3. Air Terjun Talempong

Gunung, Pantai, hingga Air Terjun Kece, Situbondo Punya Semua!instagram.com/digho.lho

Berada di desa Talempong, air terjun ini salah satu wisata air yang diminati oleh pengunjung untuk merasakan percikan air yang segar, dan suasana alam asri di lereng gunung Argopuro.

Ada hal menarik nih yang perlu kalian tahu. Menurut informasi di sekitar, lumut hijau yang menyelimuti bebatuan konon dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Percaya atau tidak tentang cerita lumut ajaib itu. Kamu harus percaya, kalau memang air terjun Talempong ini salah satu ciptaan Tuhan yang indah, dan melengkapi surga dunia di Situbondo.

Baca Juga: Liburan ke Jember, Wajib Hukumnya Kunjungi 5 Tempat Wisata Ini

4. Pantai Bama

Gunung, Pantai, hingga Air Terjun Kece, Situbondo Punya Semua!instagram.com/novanandre

Berada di kecamatan Banyuputih, cantiknya pantai Bama gak kalah dengan pantai Pasir Putih. Pantai Bama juga memiliki kilauan indah yang berasal dari pasir putihnya. Dipinggir pantainya, kalian dapat menyaksikan pula tanaman mangrove yang mengelilingi pantai. Menambah keeksotisan pantai saat dipandang.

Banyak wisatawan yang menyempatkan untuk menikmati keindahan bawah laut pantai Bama dengan melakukan snorkeling.

5. Waduk Bajulmati

Gunung, Pantai, hingga Air Terjun Kece, Situbondo Punya Semua!instagram.com/juniardanarizky

Letak waduk Bajulmati berada di perbatasan Situbondo dan Banyuwangi. Jika diperhatikan secara seksama, wisata ini hampir mirip dengan Raja Ampat. Berada di kecamatan Banyuputih, Situbondo, dan desa Bajulmati, Banyuwangi. Waduk Bajulmati memberikan pemandangan menarik bak kepulauan.

Wisatawan yang berkunjung ke waduk Bajulmati umumnya memanfaatkan keindahan waduk dengan duduk santai di tepi, atau mencari spot-spot menarik untuk berfoto dari atas bukit.

6. Bukit Cappore

Gunung, Pantai, hingga Air Terjun Kece, Situbondo Punya Semua!instagram.com/muhammadmuhsina

Ingin menikmati nuansa hijau lagi di Situbondo? Kunjungi saja bukit Cappore yang terletak di desa Cappore. Bukit cantik ini, dikenal juga dengan nama bukit seribu. Karena memiliki jumlah perbukitan kecil yang banyak. Kawasan ini, tempatnya pecinta fotografi lho untuk mengabadikan foto keindahan alam yang masih asri.

Gimana menurut kalian? Setujukan jika wisata alam di Situbondo terbilang lengkap. Mau menikmati kesegaran bermain air, kamu bisa datang ke pantainya. Atau merasakan kesejukan udara yang kaya akan oksigen dengan melakukan pendakian ke gunung. Yang pasti, kemanapun kamu berlibur. Tetap menjaga kelestarian alam, ya!

Baca Juga: 5 Nasi Lezat Ini Bisa Jadi "Pemadam Lapar" Saat Kamu Mampir Situbondo 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tifani Topan di IDN Times Community dengan judul Wisata Alam di Situbondo Lengkap Lho, Liburan ke Sini Yuk

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya