Comscore Tracker

Buat Pendaki Pemula, 6 Wisata Bukit di Mojokerto di Atas 900 Mdpl

Pemandangan alamnya memanjakan mata

Mojokerto memang terkenal dengan tempat wisata yang memiliki pemandangan alam yang indah. Maklum, sebagian wilayah Mojokerto memang berada di kawasan pegunungan. Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat wisata dengan latar perbukitan, Mojokerto lah surganya. Tak cuma pemandangan yang menakjubkan, udara segarnya akan membuatmu sejenak melupakan rutinitas.

Berikut 6 wisata bukit di Mojokerto dengan ketinggian di atas 900 Mdpl. Cocok buat yang belajar mendaki.

1. Bukit Watu Jengger

Buat Pendaki Pemula, 6 Wisata Bukit di Mojokerto di Atas 900 Mdplilustrasi Bukit Watu Jengger (instagram.com/watujengger)

Bukit Watu Jengger atau dikenal juga dengan Bukit Joko Mujung memiliki ketinggian sekitar 1.100 Mdpl. Bukit yang berada di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo ini cocok buat kamu yang ingin memulai hobi mendaki. Dengan pemandangan yang indah, asri dan segar, bukit ini sangat pas untuk melepas penatmu. 

Saat berada di puncak bukit ini, kamu bisa berfoto selfie dengan background alam yang hijau dari pepohonan. Dengan udara yang sejuk dari bukit ini akan terasa menenangkan dan menghilangkan rasa penat setelah kesibukan sehari-hari. 

Lokasi : Desa Nawangan, Kecamatan Tawangrejo, Kabupaten Mojokerto

Jam operasional : 24 jam

HTM : Rp10 ribu

Baca Juga: View Alam, 8 Rekomendasi Kolam Renang Hits Mojokerto

2. Bukit Kayoe Putih

Buat Pendaki Pemula, 6 Wisata Bukit di Mojokerto di Atas 900 Mdplilustrasi Bukit Kayoe Putih (instagram.com/bukitkayoeputih)

Tempat wisata Bukit Kayoe Putih ini masuk di dalam kawasan Perhutani. Pemandagan alamnya yang menakjubkan bisa kamu jadikan sebagai tempat healing. Bukit Kayoe Putih juga terkenal dengan keindahan dari matahari yang terbenam. Cocok banget buat para pencinta senja.

Bukit Kayoe Putih menyajikan keindahan panorama alam dengan latar tiga gunung, yaitu Gunung Welirang, Gunung Arjuno, dan Gunung Penanggungan. Tempat wisata dengan ketinggian 2400 Mdpl ini juga memiliki fasilitas kolam renang, camping ground, wisata petik buah, dan berbagai spot selfie. Di Bukit Kayoe Putih juga terdapat kafe 

Lokasi : Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto

Jam operasional : 09.00 - 21.00 WIB

HTM : Rp5 ribu - Rp10 ribu

3. Bukit Krapyak

Buat Pendaki Pemula, 6 Wisata Bukit di Mojokerto di Atas 900 Mdplilustrasi Bukit Krapyak (instagram.com/_adamtiyo)

Wisata bukit yang terletak di kaki Gunung Welirang ini bernama Bukit Krapyak. Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 900 Mdpl. Untuk melihat pemandangan yang indah dan mempesona dari Bukit Krapyak, kamu harus melewati kurang lebih 500 anak tangga.

Karena memiliki area yang luas dan asri, di kawasan bukit ini juga menyediakan tempat untuk camping. Di bukit ini kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di sore hari, sehingga membuat liburanmu semakin berkesan.

Lokasi : Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

Jam operasional : 24 jam

HTM : Rp10 ribu

4. Bukit Semar

Buat Pendaki Pemula, 6 Wisata Bukit di Mojokerto di Atas 900 Mdplilustrasi Bukit Semar (instagram.com/bukit.semar)

Berada di kawasan Gondang, Bukit Semar ini memiliki ketinggian 933 Mdpl. Bukit ini tergolong menantang untuk dijadikan spot pendakita. Karena Bukit Semar ini memiliki banyak tanjakan curam sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra untuk sampai ke puncak.

Meski melelahkan, tetapi akan terbayarkan dengan pesoan alamnya yang indah dan masih alami di setiap jalur pendakian. Saat di puncak juga terlihat begitu indah karena kita bisa melihat banyaknya pegunungan hijau dan luasnya alam dari ketinggian 933 Mdpl. 

Lokasi : Hutan Desa Dilem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto

Jam operasional : 24 jam

HTM : Rp5 ribu 

5. Puthuk Gragal

Buat Pendaki Pemula, 6 Wisata Bukit di Mojokerto di Atas 900 Mdplilustrasi Puthuk Gragal (instagram.com/pendaki_awp)

Bukit dengan ketinggian 1480 Mdpl ini terletak di kawasan Pacet. Bukit ini bernama Puthuk Gragal. Selain pemandangan alam yang memanjakan mata, bukit ini juga terdapat goa Kencana, air terjun Coban Cakung dan juga sungai yang jernih mengiringi jalur pendakiannya. 

Puthuk Gragal juga terdapat tempat untuk camping. Tempat campingnya juga menyediakan peralatan yang bisa disewakan. Sehingga buat kamu yang ingin camping tidak perlu bersusah payah membawa barang terlalu banyak selama menginap.

Lokasi : Desa Cambor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

Jam operasional : 24 jam

HTM : Rp10 ribu

6. Puthuk Siwur

Buat Pendaki Pemula, 6 Wisata Bukit di Mojokerto di Atas 900 Mdplilustrasi Puthuk Siwur (instagram.com/pendaki_awp)

Puthuk Siwur atau Bukit Gayung ini berada di ketinggian 1429 Mdpl. Bukit ini terletak di sebelah Gunung Pundak. Jalur pendakian dari bukit ini cenderung landai dan tidak ekstrem. Sehingga bagi pendaki pemula bukit ini masih tergolong aman.

Saat melakukan pendakian di Puthuk Siwur, kamu akan disuguhkan berbagai macam keindahan alam, seperti pohon pinus yang menjulang tinggi dan terlihat alami. Keindahan tersebut akan mampu mengurangi rasa lelah dan letih akibat mendaki. Banyak juga spot foto menarik untuk kamu yang ingin mengabadikan momen.

Lokasi : Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

Jam operasional : 24 jam

HTM : Rp10 ribu

 

Itu tadi 6 wisata bukit di Mojokerto, cocok buat pendaki pemula. Segera agendakan liburanmu untuk menikmati keindahan alam Mojokerto dari atas bukit.

Baca Juga: Ada Wader hingga Soto, Ini Rekomendasi 8 Tempat Sarapan di Mojokerto

Nisa Umrotul Photo Community Writer Nisa Umrotul

Love yourself!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya