Comscore Tracker

Cari Cerutu hingga Burger Lele? Kunjungi 5 Pusat Oleh-oleh Jember Ini

Cerutunya kelas dunia loh

Saat berkunjung ke Kabupaten Jember, Jawa Timur cobala beragam olahan jajanan yang khas daerah ini. Kabupaten yang terkenal memiliki kawasan perkebunan ini punya berbagai oleh-oleh unik seperti Suwar-suwir, edamame goreng, kopi hingga kreativitas aneka olahan lele.

Bahkan Jember juga memiliki oleh-oleh kelas dunia, yaitu cerutu khas Kuba. Maklum, Jember memang penghasil tembakau jenis Na Oogst. Berikut 5 toko oleh-oleh yang perlu kamu kunjungi saat berada di Jember.

1. Sari Rasa buat kamu yang cari Suwar suwir

Cari Cerutu hingga Burger Lele? Kunjungi 5 Pusat Oleh-oleh Jember IniOleh-oleh khas Jember. IDN Times/Istimewa

Jember punya produk khas, yaitu Suwar-suwir. Kuliner manis tersebut merupakan jajanan yang terbuat dari tape singkong. Jika kamu sedang mencari suwar-suwir, coba datangi saja toko oleh-oleh Sari Rasa di Jl. Trunojoyo No.91, Kauman, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates.

Selain suwar-suwri, toko ini juga menyediakan aneka olahan jajanan seperti prol tape, brownies, tape besek, bakpia patok, dodol tape, dodol sirsak dan ragam pilihan lain. Posisinya yang strategis, di kawasan kota membuat tempat ini sering dikunjungi wisatawan dengan rombongan kendaraan bus.

2. Toko Primadona, ada berbagai macam Edamame Goreng

Cari Cerutu hingga Burger Lele? Kunjungi 5 Pusat Oleh-oleh Jember IniOleh-oleh khas Jember. IDN Times/Istimewa

Toko Oleh-oleh Primadona jadi pilihan kedua untuk membeli jajanan asal Jember. Bedanya, pusat oleh-oleh jajanan ini berada di kawasan kampus Universitas Jember.

Lokasinya di pertokoan Central Square, Jl. Sumatra, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kecamatan Sumbersari. Tidak jauh berbeda dengan toko Sari Rasa, di sini juga menyajikan oleh-oleh seperti edamame goreng, coklat Jember, prol tape, suwar suwir, dan sale pisang.

3. Sari Madu buat yang cari Cerutu

Cari Cerutu hingga Burger Lele? Kunjungi 5 Pusat Oleh-oleh Jember IniOleh-oleh khas Jember. IDN Times/Istimewa

Berbeda dengan toko lain, toko Sari Madu tak cuma menjual buah tangan khas Jember seperti keripik tape, kacang edamame, bakpia edamame hingga suwar-suwir. Mereka juga menjajakan rokok cerutu sebagai ciri khas daerah penghasil tembakau.

Ingin datang datang ke toko Sari Madu? lokasinya ada di Jl. Gajah Mada No.155, Kelurahan Jember Kidu, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.

4. Bin Cigar, pusat oleh-oleh Khusus Cerutu

Cari Cerutu hingga Burger Lele? Kunjungi 5 Pusat Oleh-oleh Jember IniPusat oleh-oleh cerutu Jember. IDN Times/Istimewa

Nah, kalau kamu mencari toko khusus cerutu, kamu bisa datang ke Bin Cigar. Toko ini memang fokus menjual aneka produk cerutu. Lokasi Bin Cigar berada agak jauh dari pusat kota. Lokasinya di Jl. Brawijaya No.3, Krajan, Jubung, Kecamatan Sukorambi. Dari sejumlah ulasan, cerutu Boss Image Nusantara (BIN), telah diekspor ke berbagai negara. 

Di sana tersedia berbagai macam jenis cerutu. Dari Don Juan yang harganya Rp95.000 box sampai Don Agusto yang harganya mencapai Rp2.000.000 per box.

Selain cerutu, toko ini juga menyediakan olahan cokelat khas Jember. Seperti diketahui, Jember merupakan daerah yang memiliki kantor Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Indonesia.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Paling Kece di Jember, Instagenik Banget!

5. Matrix Jaya, tempatnya aneka olahan lele

Cari Cerutu hingga Burger Lele? Kunjungi 5 Pusat Oleh-oleh Jember IniBurger Lele dari Jember. IDN Times/Istimewa

Di Jember juga punya oleh-oleh unik yang perlu dicoba. Ada sebuah UMKM yang menyajikan aneka olahan lele. Ada burger lele, siomay lele, sumpia lele, sate lele, steak lele, abon lele, hingga pastel kering isi abon lele.

UMKM tersebut, ada di Matrix Jaya Jl. Letjend Sutoyo Gg. Matrix No.19, Lingkungan Sumber Pak, Kebonsari, Kecamatan, Sumbersari. Lokasinya memang berada di dalam, dari jalan raya utama.

Bila ke sana, disarankan menggunakan google map yang ada di alamat tersebut.

Olahan lele yang disajikan berupaya mengubah stigma bahwa ikan lele jorok. Pemilik usaha membuat olahan lele dari hasil budidaya sendiri untuk meningkatkan nilai jual. Selain beli oleh-oleh di sana, pengunjung bisa sekaligus belajar proses pengolahan ikan lele.

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Indah di Jember 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya