Comscore Tracker

Wisata Kalimas Surabaya Diserbu Wisatawan

Pengunjungnya meningkat 50 persen

Surabaya, IDN Times - Selama libur Lebaran, tempat wisata selalu menjadi incaran warga untuk menghabiskan waktu. Salah satu yang juga menjadi incaran, selain Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran dan Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah wisata air sungai Kalimas Surabaya.

1. Pengunjung wisata Kalimas naik 50 persen

Wisata Kalimas Surabaya Diserbu WisatawanSuasana wisata kalimas Surabaya, Rabu (4/5/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Koordinator Wisata Perahu Kalimas, Feri Murgianto menuturkan, pengunjung wisata kalimas naik 50 persen. Di hari biasanya pengunjung hanya 100 orang, sementara di hari ketiga Lebaran ini, pengunjung naik menjadi 250 orang.

"Kalau biasanya cuma ramai Sabtu Minggu atau tanggal merah," kata Feri.

Mayoritas wisatawan yang datang masih berada di wilayah Kota Surabaya. Namun, tidak menutup kemungkinan, pelancong yang datang akan datang dari luar kota.

"Seperti dari Sidoarjo dan Gresik. Kami lihat, selama seminggu libur lebaran antusias masyarakat seperti gimana," ungkapnya.

Baca Juga: Mimpi dari Balik Jeruji Shelter Surabaya

2. Tiket bisa dibeli melalui online

Wisata Kalimas Surabaya Diserbu WisatawanSuasana wisata kalimas Surabaya, Rabu (4/5/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Ia menuturkan, untuk pengunjung yang ingin mengunjungi wisata kalimas, terlebih dahulu melakukan booking online di website Tiket Wisata Surabaya. "Tiket online bisa booking dari rumah. Jadi di lokasi cuma nunjukkin barcode dan melakukan pembayaran," ujarnya.

Pihaknya juga mengantisipasi untuk menyediakan tiket secara online dan offline. Untuk harga tiket masuk hanya Rp 4000 ribu saja. "Jam buka dari pukul 8 sampai jam 5 sore," ucapnya.

Baca Juga: Catat! Jam Buka Tempat Wisata di Surabaya Selama Lebaran

3. Kapasitas pengungunjung ditambah

Wisata Kalimas Surabaya Diserbu WisatawanSuasana wisata kalimas Surabaya, Rabu (4/5/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Objek Wisata Surabaya, Rusdi Ismet mengatakan, di momen Lebaran tahun ini, pihaknya menambah kapasitas pengunjung. Biasanya satu perahu dapat ditumpangi 6 oranng sekarang menjadi 10 orang ditambah petugas.

"Kita buka untuk wisata kalimas, kita buka per sesi satu jam supaya pengunjung yang naik juga tidak menumpuk. Kapasitas perahu kita juga nambah yang awalnya 48 tiket persesi menjadi 120 tiket persesi," pungkasnya. 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya