Comscore Tracker

5 Fakta Ronggojalu, Danau Paling Jernih di Probolinggo

Pengunjung bisa menyelam hingga ke dasar, lho

Salah satu tempat wisata di Probolinggo dengan pesona yang memanjakan mata adalah Danau Ronggojalu. Danau ini kerap kali menjadi incaran wisatawan untuk melepas kepenatan. Beningnya air danau bakal membuat kamu berlama-lama di sana.

Buat kamu yang berencana ke sana, yuk simak beberapa 5 fakta Danau Ronggojalu, danau paling bening di Probolinggo.

1. Sejarah lahirnya nama Ronggojalu

5 Fakta Ronggojalu, Danau Paling Jernih di ProbolinggoPemandangan Danau Ronggojalu. (instagram.com/dolanjatim)

Nama Ronggojalu sendiri lahir dari kisah dua bersaudara, yakni Ki Ronggo dan Ki Jalu yang sedang memperebutkan kekuasaan. Konon, ketika mereka berperang, hadirlah seorang Kiai sakti yang menancapkan sebuah batang lidi di kawasan tersebut. Barang siapa berhasil mencabutnya, dia lah yang akan menjadi penguasa daerah itu.

Singkat cerita, keduanya gagal untuk mencabut lidi itu. Ketika Kiai Sakti mencabutnya kembali, keluarlah sumber mata air yang deras dari tanah, hingga membentuk sebuah danau. Sejak saat itu, danau tersebut dikenal dengan Danau Ronggojalu.

2. Susuri dasar danau dengan menyelam 

5 Fakta Ronggojalu, Danau Paling Jernih di ProbolinggoAktivitas di danau. (instagram.com/endlessprobolinggo)

Bagi kamu para perenang handal, kamu akan mendapat kesempatan emas yang tidak didapat oleh pengunjung lainnya. Kamu bisa menyelami Danau Ronggojalu. Dengan menyelam, kamu dapat melihat setiap sisi danau, bahkan hingga dasar danau sekalipun. Mengasyikkan sekali bukan?

Buat kamu yang belum bisa berenang, gak usah khawatir. Kamu tetap bisa merasakan kesegaran air danau dengan bermain air di tepian. Bagi pengunjung anak-anak juga disediakan kolam khusus untuk bermain di kawasan danau. Keamanan bagi pengunjung sangat diperhitungkan, nih!

3. Air danau sangat jernih, bahkan tampak hingga dasarnya

5 Fakta Ronggojalu, Danau Paling Jernih di ProbolinggoPemandangan Danau Ronggojalu. (instagram.com/probolinggokita)

Danau Ronggojalu terkenal memiliki air jernih. Bahkan nih, saking jernihnya, dasar danau ini bisa dilihat dari atas. Selain itu, pepohonan yang terdapat di sekeliling danau juga akan menambah sensasi sejuk yang menyegarkan mata.

Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang dan menengok langsung betapa bening air danau Ronggojalu ini.

4. Menjadi sumber mata air bagi masyarakat sekitar. 

5 Fakta Ronggojalu, Danau Paling Jernih di ProbolinggoManfaat air danau. (instagram.com/infokab_probolinggo)

Karena kejernihannya, air danau Ronggojalu dimanfaatkan sebagai kebutuhan masyarakat di sekitar danau. Diketahui kapasitas air pada danau Ronggojalu ini mencapai 3000 liter. Selain untuk kebutuhan sehari-hari warga sekitar, air danau ini juga dimanfaatkan untuk industri dan pengairan sawah masyarakat setempat.

Baca Juga: Informasi Candi Jabung Probolinggo: Rute, Lokasi, dan Tipsnya 

5. Rute, jam operasional dan harga tiket masuk

5 Fakta Ronggojalu, Danau Paling Jernih di ProbolinggoPengunjung danau. (instagram.com/rdlarasati.23)

Danau Ronggojalu terletak di Desa Tegalsilawan, Kecamatan Leces, Probolinggo. Danau ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan pusat kota, yakni hanya membutuhkan watu 30 menit dari Alun-alun Probolinggo.

Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB.

Harga tiket: Rp5 ribu.

 

Itulah tadi 5 fakta Danau Ronggojalu yang wajib kamu tahu. Berminat untuk berkunjung? Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di area tempat wisata ya!

Baca Juga: 9 Fakta Danau Segara Anak, Danau di Atas Gunung Rinjani Lombok

Egydia Artamevia Photo Community Writer Egydia Artamevia

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya