Comscore Tracker

Kala Senja, Wisata Baru Berupa Spot Foto dan Kuliner di Bondowoso

Bangkitakan ekonomi desa melalui wisata

Bondowoso, IDN Times - Label daerah angker di Bondowoso mulai terkikis perlahan. Sebab, desa-desa wisata di sana sedang bermunculan. Salah satu desa wisata di Sukosari Kidul meluncurkan spot foto dan kuliner 'Kala Senja'. Tentunya ini akan menjadi alternatif jujukan wisatawan dan para milenial di Kota Tape.

1. Geliatkan ekonomi masyarakat desa setempat

Kala Senja, Wisata Baru Berupa Spot Foto dan Kuliner di BondowosoWisata di Bondowoso. Dok. Humas Dinas PMD Jatim.

Kala Senja merupakan hasil kolaborasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Timur (Jatim) dengan Sampoerna. Penambahan produk wisata baru ini diharapkan menggeliatkan pariwisata dan ekonomi warga Desa Sukosari Kidul.

"Untuk mengembangkan desa wisata dibutuhkan pemberdayaan yang berkelanjutan dan itu tidaklah mudah," ujar Kepala DPMD Jatim, M. Yasin, Minggu (30/5/2021).

2. Masyarakat sekitar diharapkan bisa memanfaatkan keberadaan Kala Senja

Kala Senja, Wisata Baru Berupa Spot Foto dan Kuliner di BondowosoDesa Wisata Sukosari Kidul Bondowoso. Dok. Humas Dinas PMD Jatim.

Lebih lanjut, pemerintah desa setempat juga diminta untuk bisa mengarahkan masyarakat supaya memanfaatkan adanya Kala Senja di desa mereka. Karena sebelum diluncurkan, Klinik BUMDesa sudah memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar.

"Kami berharap, kawasan kuliner menjadi daya ungkit Desa Sukosari Kidul dalam membangkitkan ekonomi melalui pariwisata," kata Direktur Program Klinik BUMDesa Jatim, Nova Haryanto.

3. Jadi upaya pemulihan ekonomi desa setempat

Kala Senja, Wisata Baru Berupa Spot Foto dan Kuliner di BondowosoDesa Wisata Sukosari Kidul Bondowoso. Dok. Humas Dinas PMD Jatim.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Regional dan Keberlanjutan PT HM Sampoerna, Kukuh Dwi Kristianto mengaku bangga menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Jatim dan nasional melalui pengembangan desa wisata berbasis BUMDesa.

"Sejak dua tahun lalu Sampoerna bekerja sama dengan Pemprov Jatim. Kami bangga menjadi bagian dari upaya Pemprov dalam pemulihan ekonomi nasional melalui program klinik BUMDesa, terutama dalam masa pandemik ini," katanya.

Dia juga berharap, adanya produk wisata baru berupa spot foto dan kawasan kuliner dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Sukosari Kidul.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Paling Angker di Bondowoso, Ada Siluman Macan 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya