Comscore Tracker

6 Rekomendasi Tempat Surfing di Jatim, Ada Favorit Wisatawan Asing

Takhlukkan setiap gulungan ombak yang datang!

Berselancar atau surfing adalah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggunakan papan selancar di atas ombak lautan. Surfing juga menjadi salah satu kegiatan yang menarik sekaligus menantang untuk dilakukan mengingat bahwa olahraga ini dilakukan di atas laut lepas.

Nah, Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi pantai juga memiliki banyak spot selancar yang tak kalah menarik dari daerah lain lho! Bahkan, beberapa di antaranya telah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Berikut adalah 6 rekomendasi titik surfing terbaik di Jawa Timur!

1. Pantai Watu Karung, Pacitan

6 Rekomendasi Tempat Surfing di Jatim, Ada Favorit Wisatawan AsingNampak peselancar yang surfing di tengah besarnya ombak Watu Karung. (Instagram.com/pacitansurfclub)

Pacitan sendiri memang terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang mempesona. Di balik keindahan alamnya, lautnya juga memiliki ombak yang cocok untuk dijadikan sebagai arena surfing, salah satunya adalah pantai Watu Karung.

Banyak peselancar yang menjadikan Watu Karung sebagai titik surfing favorit mereka. Bahkan, beberapa event surfing internasional pernah digelar di pantai Jawa Timur ini salah satunya pada tahun 2008 yang kemudian dimenangkan oleh Bruce Irons.

Lokasi: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

2. Pantai Wedi Awu, Malang 

6 Rekomendasi Tempat Surfing di Jatim, Ada Favorit Wisatawan AsingNampak peselancar yang surfing di tengah ombak Pantai Wedi Awu. (Instagram.com/instanusantara)

Pantai Wedi Awu yang berlokasi di Malang ini mungkin masih terdengar sedikit asing. Namun, siapa sangka bahwa pantai ini memiliki pesona alam yang indah dan juga menjadi salah satu titik surfing yang perlu dicoba ketika berkunjung ke Malang.

Ombak pantai ini bisa mencapai tiga meter ketika musim kemarau tiba lho! Selain itu, pengelola pantai juga menyediakan persewaan tenda, papan selancar hingga jetski buat kamu yang belum bisa melakukan surfing.

Lokasi: Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Baca Juga: Informasi Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi: Rute, Tips, dan Harganya

3. Pantai Pulau Merah (Red Island), Banyuwangi 

6 Rekomendasi Tempat Surfing di Jatim, Ada Favorit Wisatawan AsingNampak peselancar yang surfing di tengah ombak Pantai Pulau Merah. (Instagram.com/badbudi)

Salah satu surganya peselancar di Jawa Timur adalah Pantai Pulau Merah atau Red Island. Pasalnya, para surfer bisa melakukan surfing dengan ombak lautnya yang menantang sekaligus menikmati pemandangan pantainya yang memukau dan eksotis.

Tempat ini juga menjadi incaran bagi peselancar lokal maupun asing karena memiliki garis pantai yang panjang serta ombaknya yang tinggi hingga mencapai 4 meter. Pihak pengelola juga menyediakan persewaan papan selancar bagi pengunjung yang ingin surfing.

Lokasi: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

4. Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi

6 Rekomendasi Tempat Surfing di Jatim, Ada Favorit Wisatawan AsingNampak peselancar yang tengah surfing di atas ombak dan beberapa peselancar lain jatuh. (Instagram.com/Indonesianforester)

Tidak hanya Pulau Merah yang menjadi favorit peselancar, di Banyuwangi juga ada Pantai Plengkung dengan ombak yang tak kalah tinggi dan menantang. Bahkan, ombak di pantai ini cukup langka di dunia dan hanya bisa ditemukan di Hawai serta Afrika Selatan.

Saat cuaca bagus, ombak di Pantai Plengkung bisa mencapai 6 meter dengan gulungan ombak rata-rata berjumlah 7 baris. Maka tak heran jika pada Mei, 2022 lalu, Banyuwangi menjadi tuan rumah untuk kompetisi selancar kelas dunia yaitu World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022 di Pantai Plengkung.

Lokasi: Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi.

5. Pantai Lenggoksono, Malang 

6 Rekomendasi Tempat Surfing di Jatim, Ada Favorit Wisatawan AsingPeselancar tengah surfing di atas ombak Pantai Lenggoksono. (Instagram.com/bianbiasa)

Masih bertetangga dengan Pantai Wedi Awu, namun ombak Pantai Lenggoksoni ini lebih ramah untuk digunakan surfing para peselancar pemula. Pantai Lenggoksono memiliki ombak yang tinggi hingga 2 meter. Dasar laut di perairan pantai ini juga berpasir sehingga aman untuk peselancar pemula yang ingin berlatih surfing.

Selain surfing, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling di Teluk Kletekan, bermain air di Pantai Banyu Anjlok serta Pantai Bolu Bolu. Aktivitas ini tentu saja hanya bisa dilakukan dengan menyewa perahu wisata terlebih dahulu.

Lokasi: Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

6. Pantai Pancer, Jember

6 Rekomendasi Tempat Surfing di Jatim, Ada Favorit Wisatawan AsingPeselancar tengah surfing di tengah ombak Pantai Pancer. (Instagram.com/zein_g.e)

Warga Jember yang ingin mencoba surfing juga tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota, pasalnya daerah ini juga memiliki surga bagi para surfer-nya yaitu Pantai Pancer. Pantai ini memiliki ombak yang besar sehingga menarik untuk dijadikan sebagai spot berselancar.

Bahkan, pantai ini juga pernah menjadi tuan rumah untuk acara pameran surfing berskala internasional, yaitu Puger International Surf Exhibition. Meskipun pasir pantainya berwarna hitam, namun pantai ini terjaga kebersihannya sehingga menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Pantai Pancer, Kec. Puger, Kabupaten Jember.

 

 

Banyaknya titik surfing di Jawa Timur ini tentunya menjadi daya tarik yang membuat para peselancar tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah jika ingin melakukan olahraga air satu ini. Karena pesona serta ombaknya pun tidak kalah menariknya dari tempat surfing lain. Jadi, apa kamu tertarik untuk mencoba surfing di beberapa pantai di atas?

Baca Juga: 3 Penginapan Terdekat di Wisata Surfing Pantai G-Land

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya