Comscore Tracker

Menikmati Saigon San, Resto Bernuansa Indochina di Kota Malang 

Beberapa koleksi kuno juga dipajang di sana

Malang, IDN Times - Apakah anda ingin merasakan pengalaman jalan-jalan ke negara-negara Semenanjung Indochina ? Jika ya, maka anda tak perlu jauh-jauh datang ke Vietnam, Thailand ataupun Kamboja. Sebab, di Kota Malang, para pecinta traveling bisa merasakan sensasi jalan-jalan mengunjungi negara-negara Indochina dengan datang ke Saigon San. Sebuah restoran berkonsep Indochina milik Hotel Tugu Malang. 

1. Miniatur negara-negara Indochina

Menikmati Saigon San, Resto Bernuansa Indochina di Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejak memasuki pintu utama resto, nuansa Indochina sangat terasa. Ornamen-ornamen khas negara-negara Indochina langsung tampak di sekeliling dinding maupun area loby. Beberapa artefak kuno juga terpajang dengan rapi. Belum lagi warna merah mendominasi dan semakin membuat kesan Indochina sangat terasa.

Kemudian ada satu ruangan yang didesain khusus selayaknya replika Candi Ancor Wat di Kamboja yang dibangun oleh Jayawarman II yang leluhurnya merupakan orang Jawa. Bahkan, dinding serta ornamen-ornamen dis ekitar ruangan tersebut dibuat semirip mungkin dengan Ancor Wat. 

"Tema utama yang kami tawarkan di sini adalah parade budaya Indochina seperti Thailand, Vietnam, Kamboja dan beberapa lainya. Memang ini ada korelasinya dengan hotel Tugu yang memiliki Aspara Residence dan terhung langsung dengan Saigon San," beber Sarasvati, Manager Saigon San. 

2. Dilengkapi beberapa koleksi kuno

Menikmati Saigon San, Resto Bernuansa Indochina di Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk menambah kesan Indochina, beberapa sudut Saigon San diisi oleh artefak-artefak kuno khas Indochina. Bahkan ,pengunjung juga disajikan beberapa koleksi benda bersejarah seperti mahkota penari Apsara hingga patung dari zaman Dinasti Zhang.

Termasuk juga beberapa beberapa barang-barang bersejarah dari masa ke masa. Juga beberapa foto yang menggambarkan masa perjuangan di Vietnam. 

"Kami ingin memberikan sedikit cerita yang mungkin jarang orang ketahui. Termasuk juga kami ingin memberikan pengalaman berharga kepada pengunjung mengenai Indochina," imbuhnya. 

3. Tawarkan makanan khas Negara Indochina

Menikmati Saigon San, Resto Bernuansa Indochina di Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, resto ini juga menawarkan menu-menu khas negara-negara Indochina. Beberapa menu khas yang ditawarkan seperti North Bangkok Tom Yam Goong, Banh Xeo, Gai Hor Bae Toey, Tom Rang Muoi dan masih banyak lagi.

Untuk bisa merasakan makan sembari menikmati sensasi berada di negara-negara Indochina pengunjung bisa datang pada sore hari mulai pukul 15.00 hingga 23.00. 

"Ini dibuka untuk umum, jadi siapa saja boleh datang. Saat ini rata-rata pengunjung mencapai 80-100 orang perhari," sambung Sarasvati.

4. Kembangkan rooftop

Menikmati Saigon San, Resto Bernuansa Indochina di Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah sukses dengan konsep indoor, kini Saigon San mengembangkan resto dengan konsep rooftop. Tak berbeda jauh dengan Saigon San, Rooftop tersebut juga terinspirasi dari beberapa Night Market yang ada di Thailand seperti Chao Phraya dan lainya. Begitu pula dengan makanan yang disajikan. 

"Kalau untuk Rooftop kami memiliki menu andalan yakni kopi Vietnam dengan berbagai varian. Kopinya juga kami ambil dari kebun milik Tugu Hotel group. Ada tiga varian kopi yang ditawarkan yakni Arabica, Robusta dan Premium Blend yang merupakan campuran dari Arabica dan Robusta," kata Marketing Communication Hotel Tugu, Pratiwi Sasotya

Baca Juga: Bertepatan Salat Id, GPIB Imanuel Malang Tunda Misa Minggu 

5. Usung konsep ala Night Market

Menikmati Saigon San, Resto Bernuansa Indochina di Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Makanan yang ditawarkan oleh Rooftop tak kalah menarik dengan Saigon San. Beberapa menu khas street food di Thailand, Vietnam dan negara Semenanjung Indochina bisa ditemukan di Rooftop. Beberapa menu andalan dari Rooftop adalah Banh Mi Saigon, Banh Mi Ga Nuong, Bun Cha, Vietnamese Chicken Wings hingga Ca Phe Saigon dan masih banyak lagi. Untuk menikmati sensasi minum kopi layaknya di Night Market Thailand, pengunjung bisa datang mulai pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.

"Sejauh ini yang banyaj datang ke sini adalah orang yang sudah ke Vietnam maupun Thailand. Tetapi kami membuka pasar seluas-luasnya. Jadi siapa saja boleh datang dan menikmati hidangan yang berbeda dengan yang ditemui di Indonesia," tandasnya. 

Baca Juga: 5 Restoran di Bali yang Memiliki Pemandangan Alam Asri

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Septi Riyani

Just For You