Comscore Tracker

Guys! Jalur Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang Kembali Ditutup 

Kegiatan wisata belum diizinkan pada PPKM level 3

Batu, IDN Times - Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang yang sebelumnya sempat dibuka terpaksa kembali ditutup mulai Selasa 5 Oktober 2021 kemarin. Hal tersebut lantaran saat ini, Kabupaten Pasuruan kembali masuk ke level 3 PPKM berdasarkan Inmendagri terbaru. Sebelumnya pendakian ke Arjuno maupun Welirang sudah dibuka untuk dua jalur pendakian yakni Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, dan Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

1. Pariwisata tak diizinkan pada PPKM level 3

Guys! Jalur Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang Kembali Ditutup Instagram

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi, menjelaskan bahwa penutupan kembali jalur pendakian karena murni mengikuti aturan saja. Sebab, Kabupaten Pasuruan yang sebelumnya sempat masuk level 2 kini kembali menjadi level 3. Sesuai aturan bahwa untuk PPKM level 3, aktivitas pariwisata memang belum diperkenankan.

"Karena hal tersebut tidak ada pilihan selain untuk sementara menutup pendakian Arjuno-Welirang," terangnya Rabu (6/10/2021). 

Baca Juga: Dua Jalur Pendakian ke Arjuno Welirang Sudah Dibuka  

2. Penutupan sampai waktu yang belum ditentukan

Guys! Jalur Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang Kembali Ditutup Ilustrasi Gunung Arjuno/flickr/Dell ConzTanTine

Wahyudi menyebut bahwa pihaknya sebagai pengelola belum bisa memastikan sampai kapan pendakian Arjuno-Welirang ditutup. Namun, semakin cepat wilayah jalur pendakian masuk ke level 2 PPKM, maka semakin cepat pula jalur pendakian kembali dibuka. Padahal pendakian Arjuno-Welirang sendiri baru dibuka kurang dari tiga pekan yakni per tanggal 19 September lalu.

"Pendakian sendiri bisa kembali dibuka jika sudah ada instruksi pemerintah lebih lanjut," tambahnya. 

3. Gunung Arjuno berada di tiga wilayah

Guys! Jalur Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang Kembali Ditutup Gunung Arjuno. instagram.com/piel21

Secara administratif, Gunung Arjuno sendiri berada ditiga wilayah. Masing-masing adalah Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Pasuruan. Tiga wilayah tersebut saat ini masih berada pada level 3 PPKM. Maka dari itu, pendakian Arjuno-Welirang belum bisa dibuka.

Gunung Arjuno sendiri merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Semeru. Ketinggian dari Gunung Arjuno mencapai 3.339 meter diatas permukaan laut. Gunung Arjuno terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang yang memiliki ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut. Selama ini dua gunung tersebut memang menjadi salah satu favorit pendaki selain juga Semeru, Raung dan beberapa gunung lainnya. 

Baca Juga: Info Wisata Gunung Arjuno via Purwosari: Booking hingga Pendakian

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya