Comscore Tracker

Observasi Video, Polisi Akan Usut Dalang Perusakan Stadion GBT

Sebelumnya permintaan serupa disampaikan oleh Khofifah

Surabaya, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) merespons pernyataan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengenai perusakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (29/10). Kepolisian pun berjanji akan mengusut tuntas dalang dari aksi barbar itu.

1. Segera usut dalang perusakan stadion

Observasi Video, Polisi Akan Usut Dalang Perusakan Stadion GBTKondisi terakhir stadion Gelora Bung Tomo usai ricuh pada laga Persebaya vs PSS, Selasa (29/10). Dok.IDN Times/Istimewa

 

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengaku telah mendapat instruksi dari Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan. Ia menyebut, instruksi yang ditekankan ialah pengusutan dalang perusakan stadion.

"Ibu Khofifah meminta Polda Jatim untuk mengusut tuntas kasus ini. Bapak Kapolda menyatakan bahwa prihatin akan kejadian ini," ujarnya di Mapolda Jatim, Rabu (30/10).

2. Observasi video dan foto sebelum panggil saksi

Observasi Video, Polisi Akan Usut Dalang Perusakan Stadion GBTKabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera. IDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, langkah yang akan dilakukan polisi ialah memeriksa beberapa rekaman video maupun foto. Selanjutnya, polisi akan memanggil saksi terkait perusakan ini.

"Iya (memeriksa saksi), pasti itu. Tapi kita digitalnya dulu kita ambil," kata Barung.

Perwira dengan tiga melati emas ini meminta semua pihak tidak lagi mengulangi perbuatan tersebut. Terutama pembakaran dan perusakan stadion maupun fasilitas umum.

"Kita akan melakukan penegakan hukum sementara kita mencari bukti otentik untuk kita menindaklanjuti," tegas Barung.

Baca Juga: Rusuh Usai Laga Persebaya Vs PSS, Begini Kerusakan Stadion GBT

3. Khofifah minta usut tuntas

Observasi Video, Polisi Akan Usut Dalang Perusakan Stadion GBTGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dok/Istimewa

 

Sebelumnya, Gubernur Khofifah meminta kepada aparat khususnya kepolisian mengusut tuntas aktornya. Ia juga menegaskan kalau malu dengan peristiwa tersebut.

"Meminta aparat mengusut tuntas dalang aksi perusakan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya ini. Malu rek, Indonesia mau jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021," pungkas Khofifah.

Dalam laga pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019, Persebaya harus kalah di kandang dari PSS dengan skor 2-3. Hasil itu memicu kecewaan dan kemarahan oknum pendukung Persebaya. Usai peluit akhir, ribuan massa masuk ke lapangan dan melakukan pengerusakan.

Baca Juga: Perusakan Stadion GBT, Khofifah: Malu Rek!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You