TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peneliti UNAIR Temukan Formula Pembuatan Kornea Artifisial

Invensi ini udah terdaftar di HAKI

Penelitian melalukan penelitian formula pembuatan kornea artifisial. (Dok. UNAIR)

Surabaya, IDN Times – Peneliti Universitas Airlangga (UNAIR), Dr Prihartini Widiyanti drg SBio MKes menemukan sebuah formula komposit kolagen, kitosan, dan natrium hialuronat dalam pembuatan kornea mata artifisial. Invensi atau penemuan itu terdaftar sebagai hak paten dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) pada Oktober 2022 lalu.

Baca Juga: Arielya Maba UNAIR Termuda Berusia 15 Tahun

1. Penelitian didasari angka prevelensi kebutaan yang tinggi

Flickr.com

Dosen yang kerap disapa Yanti itu mengatakan penelitian ini didasari pada angka prevalensi kebutaan akibat cedera kornea masih terbilang tinggi di Indonesia. Permasalahan ini kemudian memantik dirinya untuk meneliti dan mengembangkan kornea artifisial dengan formula khusus, yaitu kolagen, kitosan, dan natrium hialuronat.

"Jadi saya meneliti dan mengembangkan membran kornea buatan yang tujuannya adalah untuk memperbaiki dan mengatasi ulkus (luka) pada kornea penyebab hilangnya penglihatan," ujarnya.

2. Penelian sudah sejak tahun 2015

Pinterest

Penelitian tentang formula khusus untuk kornea artifisial itu telah berjalan sejak tahun 2015. Berbagai tahapan penelitian telah berlalu, termasuk tahapan uji coba in vivo dan implantasi pada hewan percobaan.

"Penelitian ini mulainya pada tahun 2015 dan Alhamdulillah sudah melalui tahapan in vivo. Artinya sudah kami coba implantasikan ke hewan percobaan," imbuhnya.

Baca Juga: Gubes UNAIR Dorong Penggunaan Laser Tangani Kusta

Berita Terkini Lainnya