Ony Anwar, Anak Mantan Bupati yang Kini Jadi Bupati Ngawi

Dua periode menjabat wakil bupati

Ngawi, IDN Times – Pepatah ‘buah jatuh tidak jauh dari pohonnya’ nampaknya cocok untuk menggambarkan karier politik Ony Anwar. Pria yang kini menjabat sebagai Bupati Ngawi periode 2021 – 2026 ini merupakan anak dari Harsono bupati setempat untuk periode 2000 – 2010.

Sebelumnya, Ony juga telah menjadi wakil bupati selama dua periode 2010 – 2020 yang mendampingi Budi ‘Kanang’ Sulistyono sebagai Bupati Ngawi. Kanang, juga pernah menjabat sebagai wakil bupati yang berpasangan dengan Harsono sebagai bupati.

1. Sebelumnya sibuk bangun bisnis properti di Yogyakarta

Ony Anwar, Anak Mantan Bupati yang Kini Jadi Bupati NgawiBupati Ngawi Ony Anwar saat melakukan inspeksi di pasar tradisional. (instagram.com/masonyanwar).

Karier politik Ony Anwar dimulai sebelum pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2010. Kala itu, ia tengah sibuk merintis usaha bersama rekan-rekannya dalam bidang properti di Yogyakarta. Alumnus Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini ditawari untuk mendampingi Budi Sulistyono yang akan maju pada pilkada.

Ony tidak serta merta menerima tawaran tersebut. Ia lebih dulu memotret kondisi warga Ngawi secara langsung. Langkah ini dijadikannya sebagai pijakan dalam membuat prioritas program kerja sebelum maju dalam perhelatan politik. Salah satu permasalahan yang ditemukan tentang kemiskinian di daerah tepian hutan.

Baca Juga: Kagum dengan Bupati saat Kecil, Kini Kaji Mbing Pimpin Kab.Madiun

2. Sempat digadang menjadi bakal calon wakil gubernur Jawa Timur

Ony Anwar, Anak Mantan Bupati yang Kini Jadi Bupati NgawiBupati Ngawi Ony Anwar saat melakukan kunjungan di pabrik rokok. (instagram.com/masonyanwar).

Karier politik pria kelahiran Ngawi, 15 Desember 1979 ini kian moncer. Ia sempat digadang sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampigi Khofifah Indar Parawansa pada pilgub 2018. Namun, peta politik berubah lantaran Khofifah menggaet Emil Dardak Elestianto yang kala itu menjabat sebagai Bupati Trenggalek.

Namun demikian, Ony akhirnya maju sebagai Calon Bupati Ngawi pada pilkada 2020 dengan didampingi Dwi Rianto Jatmiko sebagai wakilnya. Jago tunggal yang didukung semua partai politik di parlemen ini berhasil mengalahkan ‘kotak kosong’ dengan perolehan suara 94,4 persen pada pemungutan suara yang digelar Rabu, 9 Desember 2020.

3. Penghobi otomotif yang ingin bangun sirkuit balap

Ony Anwar, Anak Mantan Bupati yang Kini Jadi Bupati NgawiBupati Ngawi Ony Anwar saat berbincang dengan warga yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. (instagram.com/masonyanwar).

Selama masa jabatannya, bupati Ony yang memiliki hobi otomotif ini punya sejumlah program untuk memajukan Ngawi. Salah satu yang dibidik adalah realisasi Taman Candi Multipupose Circuit (TCMC) di kawasan Taman Candi, Desa Kartoharjo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi.

Nantinya, tempat itu akan dijadikan sirkuit balap dengan beberapa kategori, seperti Drag Bike, Drag Race, Road Race, Slalom, hinga Supermoto. Keberadaannya diharapkan dapat mendongkrak kunjungan di kabupaten paling barat di Jawa Timur ini.

Baca Juga: Marhaen Djumadi, Anak Buruh Tani yang kini Plt Bupati Nganjuk

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya