Luxury 2, Pilihan Kereta Mudik Rasa Pesawat

Semoga tambah semangat mudik menggunakan kereta

Bojonegoro, IDN Times- PT KAI secara resmi meluncurkan gerbong kereta sleeper jenis baru untuk layanan mudik dan arus balik lebaran tahun 2019, Senin (27/5). Gerbong kereta yang diberi nama Luxury akan melayani rute Gambir -Malang dan Stasiun Balapan Solo, serta Jogjakarta.

Pengoperasian KA Luxury 2 telah dimulai pada Minggu (26/5). Dengan jadwal keberangkatan KA Malang - Gambir pada pukul 13.30 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pada pukul 04.27 WIB. "Sementara jadwal KA Gajayana (KA 42) relasi Gambir - Malang akan berangkat pada pukul 17:40 Wib, dan tiba di Stasiun Malang jam 09:06 Wib," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Mudik Nyaman dengan KA Tambahan Lebaran Ekstra Kelas Luxury

1. Memiliki 26 tempat duduk

Luxury 2, Pilihan Kereta Mudik Rasa PesawatIDN Times/ Istimewa

Jika sebelumnya kereta Luxury 1 hanya memiliki 18 tempat duduk, Luxury 2 memiliki 26. Gerbong Kereta Luxury 2 sendiri merupakan KA generasi baru dari gerbong kereta Luxury sebelumnya yang telah KAI rilis pada tahun 2018 lalu.

Meski tidak terlalu banyak perbedaan, namun terdapat beberapa keunggulan dari gerbong Kereta Luxury 2 daripada pendahulunya. "Keunggulannya jumlah tempat duduk dan rute KA yang lebih banyak," katanya.

2. KA Luxury banyak diminati oleh masyarakat

Luxury 2, Pilihan Kereta Mudik Rasa PesawatIDN Times/ Istimewa

Peluncuran KA Luxury bukan tanpa alasan. Suprapto mengatakan hal ini berdasarkan banyaknya minat masyarakat untuk menggunakan layanan kereta tersebut. "Luxury generasi pertama sangat positif. Sebagai contoh, rata-rata okupansi Kereta Argo Bromo Anggrek Luxury Surabaya - Gambir mencapai 108 persen," imbuhnya.

3. Layanan ekslusif bagi pebisnis

Luxury 2, Pilihan Kereta Mudik Rasa PesawatIDN Times/ Istimewa

Seperti kereta pertama, layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat juga dapat dinikmati pengguna jasa gerbong Kereta Luxury 2. Di antaranya kursi yang dapat direbahkan hingga 140 derajat secara elektrik, kursi yang bisa diputar 180 derajat, sandaran kaki elektrik, televisi, USB charging power source, foldable food tray, bantal, selimut, handuk wajah, train attendance button, lampu baca, dan fasilitas untuk kenyamanan penumpang lainnya.

"Kereta Luxury 2 hadir untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi penumpang dan menjawab antusiasme masyarakat untuk menggunakan kereta dengan pelayanan istimewa," ujarnya.

4. Disediakan makan bagi para penumpang

Luxury 2, Pilihan Kereta Mudik Rasa PesawatIDN Times/ Istimewa

Tak hanya itu, penumpang juga disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan. Tambahan fasilitas lainnya pada gerbong Kereta Luxury 2 adalah adanya minibar.

Di minibar itu, penumpang bisa menikmati minuman dan snack sepuasnya free flow. KAI menugaskan 1 orang Pramugari khusus pada Kereta Luxury 2 untuk melayani para penumpang yang ada. Dengan demikian pelayanan yang diberikan akan lebih maksimal. "Untuk harga tiketnya kita berikan promo Rp1.000.000,- untuk keberangkatan 26 Mei 2019 hingga 26 Juni," jelasnya.

5. Mampu tingkatkan wisatawan ke Malang

Luxury 2, Pilihan Kereta Mudik Rasa PesawatIDN Times/ Istimewa

Dengan adanya layanan gerbong Kereta Luxury generasi ke-2 ini, ia berharap masyarakat Malang dapat merasakan sensasi naik kereta dengan tingkat pelayanan dan kenyamanan yang lebih eksklusif.

Selain itu, peluncuran ini juga diharapkan bisa meningkatkan tingkat jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Malang. "Diharapkan dengan kehadiran dari layanan gerbong Kereta Luxury semakin menjadikan moment masa angkutan Lebaran 2019 kali ini menjadi lebih spesial dan berkesan," pungkasnya.

 

Baca Juga: Mudik Naik Kereta Api dari Bandung, Apa Saja Keuntungannya?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya