Luncurkan Aplikasi, Urus Perkara di PA Surabaya Lebih Mudah dan Murah

Data PA Surabaya terintegrasi dengan Pemkot

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya bersama Pengadilan Agama (PA) Surabaya dan Kementerian Agama akan meluncurkan aplikasi satu pintu yang mempermudah warga dalam kepengurusan dokumen di PA Surabaya. Dengan aplikasi ini, warga cukup mengurus keperluannya kependudukan hingga tingkat kelurahan saja.

1. Luncurkan aplikasi Lontong Kupang

Luncurkan Aplikasi, Urus Perkara di PA Surabaya Lebih Mudah dan MurahWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan, aplikasi bernama Lontong Kupang (Layanan Online dan Terpadu Melalui One Gate System antara Disdukcapil, Pengadilan Agama dan Kemenag) ini akan diluncurkan pada Rabu (15/9/2021). Dengan aplikasi tersebut, warga cukup sekali jalan mengurus di PA Surabaya hingga terbit Akta Nikah dan Dispendukcapil akan mengeluarkan KK terbaru dan Akta Kelahiran.

"Aplikasi Lontong Kupang yang digagas bersama ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada masyarakat yang masih bingung ketika ingin mengurus terkait peradilan. Aplikasi ini juga menjadi solusi untuk menjawab permasalahan itu. Nanti, pemohon tidak perlu datang ke PA karena bisa melalui E-Kios di kelurahan," ujar Agus, Senin (13/9/2021).

2. Bisa urus Isbat Nikah lewat aplikasi

Luncurkan Aplikasi, Urus Perkara di PA Surabaya Lebih Mudah dan Murah

Untuk tahap awal ini, aplikasi Lontong Kupang menyediakan layanan untuk Isbat Nikah atau penetapan secara hukum pernikahan yang sebelumnya sudah dilakukan secara agama. Beberapa layanan lain yang ada di PA Surabaya dan Kemenag segera diintegrasikan ke dalam aplikasi tersebut.

"Setelah ini berjalan, nanti beberapa layanan lain bisa kita integrasikan. Layanannya apa saja? Nah, ini nanti mengikuti yang diatur PA, Kemenag dan Dispendukcapil," tutur Agus.

3. Integrasi dalam satu pusat aplikasi ACO-ERI

Luncurkan Aplikasi, Urus Perkara di PA Surabaya Lebih Mudah dan MurahANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Selain itu, tiga pihak tersebut juga menjalin kerja sama untuk aplikasi ACO-ERI, yaitu pusat aplikasi pendaftaran perkara e-court secara online yang terintegrasi dengan PA Surabaya. Dengan adanya integrasi tersebut, pendaftaran perkara di PA Surabaya dapat dilakukan secara online melalui e-Kios di seluruh kantor kelurahan Surabaya.

"Karena itu kami punya ide gagasan agar bagaimana warga itu bisa mendaftarkan perkara melalui kelurahan. Apalagi di PA Surabaya sidangnya juga begitu banyak, dan PA tidak mempunyai lahan parkir, karena parkirnya dikelola oleh masyarakat di jalan," ungkap Ketua PA Kota Surabaya, Samarul Falah.

4. Lebih mudah dan murah bagi warga

Luncurkan Aplikasi, Urus Perkara di PA Surabaya Lebih Mudah dan MurahDengan aplikasi ini, warga cukup mengurus keperluannya kependudukan hingga tingkat kelurahan saja. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Selain lebih mudah, biaya yang dibutuhkan untuk pendaftaran perkara melalui aplikasi atau e-Kios ini lebih murah. Warga pun diharapkan tak perlu lagi menggunakan jasa pendamping perkara yang memerlukan dana tambahan lebih besar.

"Jadi nanti orang mau daftar perkara cukup datang ke kantor kelurahan. Nanti di sana disediakan anjungan mandiri melalui E-Kios. Di situ juga ada petugasnya yang ditunjuk oleh kelurahan," kata Falah.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya