Wagub Emil Dardak Inisiatif Tes Corona usai Bertemu Menteri Belanda

Menteri Belanda sempat bertemu dengan Menhub Budi Karya

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak berinisiatif melakukan tes virus corona ke Tropical Desease Center (TDC) Universitas Airlangga (Unair), kemarin Minggu (15/3). Langkah itu diambil setelah ia sempat bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda Coravan van Nieuwenhuizen dalam acara kemitraan di Surabaya, Kamis lalu (12/3). Corovan sendiri sebelumnya juga bertatap muka dengan Menhub Budi Karya yang dinyatakan positif corona.

"Iya sidak (ke TDC), sekalian cek Covid-19 juga," ujar Emil saat dikonfirmasi wartawan, Senin (16/3).

1. Menteri Belanda sebelumnya bertemu Menhub Budi Karya, Emil disarankan tes corona

Wagub Emil Dardak Inisiatif Tes Corona usai Bertemu Menteri BelandaBudi Karya Sumadi saat menjemput ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati (Twitter Budi Karya Sumadi)

Pemeriksaan tes virus corona ini, lanjut Emil, atas saran dari orang-orang terdekatnya. Terlebih setelah Istana mengonfirmasi Menhub Budi Karya positif virus corona. Seperti diketahui, Budi Karya memang sempat bertemu dengan menteri Belanda.

"Sebenarnya sih sehat-sehat saja, cuma ada beberapa pihak juga yang menganjurkan kita ambil langkah preventif," kata suami Arumi Bachsin ini.

2. Lega karena hasil tesnya negatif

Wagub Emil Dardak Inisiatif Tes Corona usai Bertemu Menteri BelandaInstagram.com/emildardak

Mantan Bupati Trenggalek ini pun kini bisa lega. Sebab, hasil tes virus corona di TDC Unair telah keluar pada Senin pagi (16/3). Dia diberi kabar langsung oleh pihak Unair. "(Hasilnya) baru tadi pagi keluar, dan sudah dipastikan negatif," ucap Emil.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

3. Masyarakat diminta terapkan PHBS

Wagub Emil Dardak Inisiatif Tes Corona usai Bertemu Menteri BelandaWagub Jatim saat menyampaikan penjelasan terkait MJC di Bakorwil Kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak lupa, Emil mengimbau agar masyarakat menjaga diri dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan memakai masker, serta istirahat di rumah jika sakit.

"Dengan menjaga diri sendiri sebenarnya kita juga ikut menjaga orang lain juga, tapi jangan sampai menjaga diri berlebihan dan merugikan orang lain," kata dia.

"Jangan panik, apalagi bentuknya sampai menyebar informasi yang tidak valid itu yang bahaya," Emil melanjutkan.

4. Masyarakat diminta tidak banyak beraktivitas di luar rumah

Wagub Emil Dardak Inisiatif Tes Corona usai Bertemu Menteri BelandaWakil Gubernur Jatim, Emil Dardak. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Emil juga menyelaraskan instruksi Presiden Joko 'Jokowi' Widodo kepada warga Jatim agar lebih banyak di rumah saja. Apabila mendesak beraktifitas di luar rumah, juga harus dipastikan safety.

"Untuk itu kami meganjuran kalau tidak penting-penting sekali ya tidak usah beraktivitas di luar rumah, kalau terpaksa beraktivitas di luar rumah, ya jaga safety-nya," pungkasnya.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Khofifah Liburkan SMA/SMK se-Jatim, tapi. . .

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya