Terowongan Bawah Tanah Joyoboyo-KBS Direalisasikan Tahun Ini

Jadi gak bikin jalanan macet

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah membangun sarana parkir atau park and ride di Terminal Joyoboyo. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) menitipkan kendaraannya. Sebab, lahan parkir di KBS memang terbatas.

Sejauh ini, penggunaan park and ride di Joyoboyo cukup efektif. Sayangnya, akses bagi pengunjung yang berjalan dari parkiran ke KBS atau sebaliknya acap kali mengganggu pengguna jalan lainnya. Beberapa menimbulkan perlambatan laju kecepatan bahkan kemacetan.

Maka, pemkot melalui dinas perhubungan (dishub) menyiapkan solusinya. Yakni dengan membangun terowongan bawah tanah.

1. Dibangun tahun ini, terowongan terkoneksi antara Terminal Joyoboyo dengan KBS

Terowongan Bawah Tanah Joyoboyo-KBS Direalisasikan Tahun IniPark and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo yang mulai diuji coba, Rabu (25/12). IDN Times/Fitria Madia

Terowongan tersebut nantinya akan terkoneksi antara Terminal Joyoboyo dengan KBS. Sehingga, pengunjung dapat melalui terowongan tersebut. Pembangunannya akan direalisasikan tahun ini.

"Insyaallah tahun ini dibangun tembusan Terminal Joyoboyo ke KBS," ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat ditemui di KBS, Minggu (23/2).

"Nanti berjalan di bawah tanah. Jadi gak ganggu lalu lintas di atasnya," tambah Risma.

2. Masih dalam tahap lelang

Terowongan Bawah Tanah Joyoboyo-KBS Direalisasikan Tahun IniWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meresmikan jogging track KBS, Minggu (23/2). IDN Times/ Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, terowongan bawah tanah ini akan memiliki bangunan seluas empat meter dengan galian hingga enam meter. Rutenya berbentuk "L", mulai dari terminal hingga pintu Selatan KBS. Mengenai progres pembangunan, proyek ini masih dalam tahap lelang.

"Ini lagi proses lelang," ucap wali kota kelahiran Kediri ini.

Baca Juga: Pengunjung KBS Kini Bisa Olahraga Sambil Menikmati Alam dan Satwa

3. Sudah koordinasi dan izin ke beberapa instansi

Terowongan Bawah Tanah Joyoboyo-KBS Direalisasikan Tahun IniSuasana di sekitar patung Suro dan Boyo yang berada di depan Kebun Binatang Surabaya, Rabu (1/1). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menyampaikan bahwa pemkot telah koordinasi dengan PDAM, PT KAI, Pemprov Jatim, dan pemerintah pusat. Terkait pembangunan terowongan atau basement Joyoboyo ke KBS.

"Sudah koordinasi dan izin ke semuanya untuk pembangunannya," kata Irvan.

4. Pembangunan koneksi Joyoboyo-KBS penting karena pengunjung yang parkir banyak

Terowongan Bawah Tanah Joyoboyo-KBS Direalisasikan Tahun IniKepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad. IDN Times/Fitria Madia

Menurut Irvan, pembangunan koneksi ini sangat perlu. Mengingat pengunjung KBS yang parkir di Terminal Joyoboyo sangat banyak. Terlebih ketika akhir pekan dan libur nasional.

"Kalau libur lima lantai (park and ride) terpakai. Kalau ada event gitu juga (penuh)," katanya.

Selain itu, di terminal nantinya akan ditambahkan beberapa gerai bagi UMKM. Mereka diberikan jatah berjualan di sana.

"Kami nanti isilah (gerai) hasil UMKM, sekaligus pemberdayaan masyarakat sekitar," pungkasnya.

Baca Juga: Parkir Terminal Intermoda Joyoboyo Diuji Coba, Masih Ada Kekurangan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya