Tak Perlu Khawatir, Stok Daging dan Telur di Jatim Surplus

Libur Natal dan Tahun Baru 2020 makin santuy nih!

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menjamin stok kebutuhan pokok hasil peternakan saat Natal dan tahun baru (nataru). Komoditas peternakan yang tercukupi pada akhir tahun ini antara lain daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras.

1. Lakukan koordinasi dengan pelaku usaha dan dinas se-Jatim

Tak Perlu Khawatir, Stok Daging dan Telur di Jatim SurplusGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pastikan bapok hasil peternakan selama Nataru, Rabu (18/12). Dok. Humas Pemprov Jatim

Usai memastikan stok aman, Khofifah langsung berkoordinasi dengan pelaku usaha dan dinas di kabupaten/kota se-Jatim. Tujuannya, memantau harga ritel maupun pasar tradisional hingga akhir tahun.

"Kami harap masyarakat Jawa Timur tidak perlu khawatir karena stok bapok (bahan pokok) hasil peternakan di Jatim aman. Serta harganya juga relatif stabil," ujar Khofifah, Rabu (18/12).

2. Ketersediaan bapok di Jatim surplus

Tak Perlu Khawatir, Stok Daging dan Telur di Jatim SurplusIlustrasi daging sapi. yummy.co.id

Berdasarkan laporan Dinas Peternakan Jatim, ketersediaan daging sapi mencapai 10.165 ton, sedangkan kebutuhan hanya 9.131 ton. Sehingga sampai akhir Desember masih surplus 1.034 ton.

Untuk daging ayam ketersediaan 43.855 ton dan kebutuhan 32.729 ton, sehingga stok sampai akhir Desember masih surplus 11.156 ton. Demikian pula untuk telur, mencapai 64.394 ton, kebutuhan 49.388 ton. Sehingga stok sampai akhir Desember masih surplus 15.006 ton.

"Surplus ini merupakan potensi yang bisa dikelola lebih lanjut untuk menambah nilai jualnya ataupun untuk menyuplai berbagai daerah di Indonesia," ungkap Khofifah.

Baca Juga: Tips Memilih Daging Sapi dan Ayam Segar di Pasar Tradisional

3. Harganya juga stabil

Tak Perlu Khawatir, Stok Daging dan Telur di Jatim SurplusIlustrasi daging ayam. IDN Times/Daruwaskita

Dari hasil pemantauan di ritel, pasar tradisional, dan Rumah Potong Hewan (RPH) yang dilakukan sejak tanggal 11 sampai 13 Desember 2019 diketahui harga daging sapi berkisar antara Rp109 ribu hingga Rp124 ribu. Sedangkan daging ayam berada di kisaran harga Rp32.500 hingga Rp34 ribu. Serta telur, Rp21 ribu hingga Rp23.900.

Pemantauan harga bapok hasil ternak akan dilakukan mulai 16 Desember hingga akhir tahun 2019 di beberapa daerah di Jatim. Di antaranya di Surabaya, Madiun, Probolinggo, Kediri, Malang, Sumenep, Jember, dan Banyuwangi.

"Kami juga berharap karena stok di Jatim ini surplus, maka tidak ada pihak-pihak yang menimbun stok bapok hasil peternakan ini," tegas mantan Menteri Sosial ini.

4. Gelar bazar di halaman kantor Disnak Jatim

Tak Perlu Khawatir, Stok Daging dan Telur di Jatim SurplusIlustrasi telur. yummy.co.id

Gubernur kelahiran Surabaya ini menambahkan, saat ini pemprov juga menggelar bazar hasil produk peternakan di Halaman Dinas Peternakan Jatim. Pelaksanaanya berlangsug pada 18-19 Desember 2019, mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

"Bazar ini sengaja kami gelar untuk memastikan kepada masyarakat bahwa stok bapok hasil peternakan di Jatim sangat aman," pungkas Khofifah.

Baca Juga: Gubernur Minta Masyarakat Tak Membeli Bahan Pokok Terlalu Banyak

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya