Comscore Tracker

Bangkalan Bebas Zona Merah, Geser ke Banyuwangi, Bondowoso dan Madiun

Yok, iso ijo kabeh!

Surabaya, IDN Times - Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Timur (Jatim), dr. Makhyan Jibril Al-Farabi mengungkapkan peta risiko terbaru di wilayah setempat. Dia menyebut tiga kabupaten masih zona merah, 34 zona oranye dan tersisa satu zona kuning.

1. Bangkalan, Ngawi dan Ponorogo bebas zona merah alami tren penurunan

Bangkalan Bebas Zona Merah, Geser ke Banyuwangi, Bondowoso dan MadiunWali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin saat meninjau posko penyekatan Suramadu, Rabu (16/6/2021) malam. Dok Humas Pemkot Surabaya

Adapun tiga kabupaten yang sebelumnya zona merah ialah Bangkalan, Ngawi dan Ponorogo. Kini tiga daerah itu berstatus zona oranye lantaran tren kasusnya mengalami penurunan. Per 29 Juni 2021, terdapat 1.016 kasus aktif di Bangkalan, 100 di Ngawi dan 149 di Ponorogo.

"Kalau kita lihat daerah zona merah sebelumnya di Bangkalan, Ngawi dan Ponorogo, Alhamdulillah tren kasus sedikit menurun, sehingga status zonasi menurun" ujarnya. Sementara yang zona kuning adalah Kabupaten Probolinggo.

2. Pengetatan PPKM Mikro diklaim efektif, bikin BOR mulai longgar

Bangkalan Bebas Zona Merah, Geser ke Banyuwangi, Bondowoso dan MadiunJuru Bicara Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril. IDN Times/ Dok. Istimewa

Menurunnya kasus di tiga kabupaten tersebut diklaim dari efektifitas pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Salah satu yang digeber dalam pengetatan itu adalah tracing lokal. Tak hanya itu, fasilitas kesehatan (faskes) tambahan juga didirikan.

"Dalam kabupaten itu didirikan rumah sakit lapangan, maupun ekspansi bed untuk rumah sakit yang menangani COVID-19," kata dia.

Keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi di Bangkalan 78,90 persen, BOR intensif 53,85 persen serta BOR COVID-19 terdiri dari isolasi dan intensif 77,49 persen. Kemudian BOR Ngawi, isolasi 65,19 persen, intensif 70 persen, COVID-19 terdiri dari isolasi dan intensif 65,45 persen. BOR di Ponorogo, isolasi 82,17 persen, intensif 72,73 persen serta COVID-19 terdiri dari isolasi dan intensif 80,53 persen.

Baca Juga: Ajak Rusak Penyekatan Suramadu, Pria Bangkalan Ditangkap Polisi

3. Zona merah geser ke Banyuwangi, Bondowoso dan Kota Madiun

Bangkalan Bebas Zona Merah, Geser ke Banyuwangi, Bondowoso dan MadiunJuru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr. Makhyan Jibril Al Farabi. Instagram.com/dr.makhyanjibril

Meski tiga kabupaten itu menurun, kini Satgas Penanganan COVID-19 Jatim mewaspadai adanya tren naik di beberapa daerah. Yakni di Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Kota Madiun. Tiga daerah inilah yang sekarang berstatus zona merah.

"Kasus COVID-19 naik cukup tinggi di Bondowoso, Banyuwangi dan Kota Madiun, biasanya kenaikan melebihi dua kali lipat dari sebelumnya bisa mengakibatkan kota/kabupaten jadi zona merah," jelasnya.

"Oleh karena itu, intervensi yang lebib detail akan dilaksanakan di daerah zona merah tersebut," sambung dr. Jibril.

Data satgas menunjukan, kasus aktif di Banyuwangi sebanyak 488 kasus, Bondowoso 278 kasus dan Kota Madiun 224 kasus. Total kasus aktif di Jatim sendiri sebanyak 8.379 kasus. Masih di bawah Jateng 35.757 kasus, Jabar 49.617 kasus dan DKI Jakarta 66.288 kasus.

Baca Juga: Bobol Protokol Kesehatan dan Malapetaka COVID-19 di Bangkalan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya