TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebakaran di Gunung Penanggungan Terjadi Sejak Sore

Kebakaran awalnya terjadi di lereng, meluas hingga puncak

Penampakan kebakaran di Gunung Penanggungan. (IDN Times/istimewa)

Mojokerto, IDN Times - Warga dihebohkan dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Gunung Penanggungan atau tepatnya di Puncak Pawitra yang berada di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kehebohan ini terjadi karena api terlihat membakar hutan hingga bisa disaksikan oleh warga dari kejauhan.

Bahkan, api bisa disaksikan oleh warga yang ada di Sidoarjo, Jawa Timur. Alasan itulah yang membuat masyarakat khawatir jika kebakaran di Gunung Penanggungan kali ini sangat luas.

Baca Juga: Keindahan Gunung Penanggungan: Informasi Lokasi dan Daya Tarik

1. Warga sekitar mengatakan jika kebakaran terjadi sejak pukul 14.00 WIB

Penampakan kebakaran di Gunung Penanggungan. (IDN Times/istimewa)

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari warga sekitar, kebakaran pertama kali terdeteksi pada Kamis (2/11/2023) pukul 14.00 WIB. Api terlihat dari sisi barat Gunung Penanggungan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Mojokerto.

Awalnya warga hanya melihat asat yang membumbung dari Gunung Penanggungan. Namun, api kian membesar saat hari memasuki sore hari dan malam hari.

Pada malam hari, api tampak semakin mengerikan karena terlihat jelas api sangat besar. Sejumlah pengendara dari wilayah Sidoarjo bahkan bisa menyaksikan kobaran api dari kejauhan pada malam hari.

2. BPBD Kabupaten Mojokerto telah terjun ke lokasi untuk memadamkan api

Penampakan kebakaran di Gunung Penanggungan. (IDN Times/istimewa)

Saat ini tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto telah datang ke lokasi untuk berusaha memadamkan api. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim mengatakan jika Gunung Penanggungan adalah wilayah Perhutani yang berada di Kabupaten Mojokerto.

"Api awalnya terlihat di lereng gunung sore tadi. Kemudian meluas hingga ke puncak gunung ini," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (2/11/2023).

Khakim mengatakan belum bisa memastikan penyebab kebakaran ini, pasalnya mereka masih fokus untuk memadamkan. Mereka juga belum bisa memberikan informasi berapa luas lahan yang telah terbakar.

Baca Juga: Gunung Penanggungan Kebakaran, Terlihat Sampai Sidoarjo

Berita Terkini Lainnya