TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ratusan Eks JI Gelar Upacara HUT RI di Ponpes Al-Ihsan Madiun

Ini sebagai tanda kembalinya eks JI kepangkuan NKRI

Ratusan anggota eks Jamaah Islamiyah (JI) bersama puluhan santri dan guru gelar upacara bendera HUT RI di Pondok Pesantren Al-Ihsan Madiun. IDN Times/ Riyanto.

Madiun, IDN Times - Dalam momen yang penuh makna, ratusan anggota eks Jamaah Islamiyah (JI) bersama puluhan santri dan guru Pondok Pesantren Al-Ihsan menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 untuk pertama kalinya. Pada Sabtu pagi (17/8/2024), dengan semangat yang menggebu, mereka mengibarkan bendera merah putih sembari menyanyikan lagu Hari Merdeka di hadapan jajaran pemerintah setempat.

1. Upacara berlangsung khidmat

Acara yang berlangsung di Pondok Pesantren Al-Ihsan, Madiun, ini tidak hanya diselenggarakan secara langsung, tetapi juga diikuti secara daring oleh berbagai kelompok di beberapa lokasi lain di Provinsi Jawa Timur.

Tampak para santri dengan penuh semangat menjalankan peran sebagai petugas upacara, mulai dari menyiapkan barisan, mengibarkan bendera, hingga membacakan teks Undang-Undang Dasar 1945.

Kasat Binmas Polres Madiun, AKP Miftakhudin, yang bertindak sebagai inspektur upacara, mengungkapkan rasa haru dan bangganya terhadap upacara yang digelar oleh eks anggota Jamaah Islamiyah ini. 

"Saya sangat terharu sekali, bahwasannya kembalinya Jamaah Islamiyah ke pangkuan NKRI merupakan hal luar biasa," ujar AKP Miftakhudin.

Baca Juga: Pria di Madiun Temukan Jenazah Wanita di Semak Belukar

2. Harapan di upacara perdana

Ia menegaskan pentingnya komitmen dan konsistensi para anggota eks Jamaah Islamiyah dalam mendukung NKRI sebagai harga mati. "Bagi yang belum ikrar NKRI, marilah segera membangun demi Bangsa Indonesia yang lebih maju," tambahnya.

Di sisi lain, Ustadz Joko Supriyanto, pengasuh Pondok Pesantren Al-Ihsan, menyambut baik pelaksanaan upacara perdana ini. Menurutnya, upacara tersebut menjadi pengingat akan pentingnya persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Sambutan wali santri juga antusias. Alhamdulillah, meski persiapan hanya dua hari, dengan bantuan pemerintah setempat, acara ini bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

Ustadz Joko berharap upacara ini menjadi awal yang baik dan dapat terus dilaksanakan dengan lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Verified Writer

Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya