TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anggota DPRD Magetan Ramai-ramai Gadaikan SK ke Bank

Dari 45 anggota DPRD separuh gadaikan SK ke Bank

Sebanyak 45 anggota DPRD Magetan terpilih periode 2024-2029 dilantik. IDN Times/ Riyanto.

Magetan, IDN Times – Setelah resmi dilantik pada Jumat (23/08/2024) lalu, separuh dari 45 anggota DPRD Kabupaten Magetan, Jawa Timur, langsung mengambil langkah cepat. Mereka ramai ramai gadaikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan mereka ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur.

Baca Juga: Pengasuh Panti Asuhan di Magetan Jadi Tersangka Penganiayaan 

1. Alasan gadai SK

Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Magetan, Endang Ambarwati, membenarkan fenomena ini. Menurutnya, penggadaian SK oleh anggota dewan bukanlah hal baru dan selalu terjadi setiap periode usai pemilu. Ia menduga langkah ini diambil untuk menutupi biaya politik yang tinggi selama masa kampanye.

"Ini sudah biasa. Kampanye itu mungkin mahal ya, dan setelah dilantik, mereka memerlukan modal untuk mengembalikan pinjaman atau butuh anggaran untuk memulai tugas di lapangan," ujar Endang, Rabu (10/09/2024).

2. Sebanyak 22 anggota ajukan kredit

Endang menjelaskan, dari 45 anggota DPRD yang baru dilantik, sudah ada sebanyak 22 orang telah mengajukan permohonan kredit dengan menjaminkan SK mereka. Proses ini dilakukan langsung oleh para anggota dewan ke bank, sedangkan Sekwan hanya bertugas memberikan rekomendasi.

Meskipun penggadaian SK masih menjadi tren, jumlahnya menurun dibandingkan dengan periode sebelumnya (2019-2024). Endang tidak bisa memastikan alasan penurunan tersebut. "Kami tidak tahu pasti penyebabnya, tetapi yang jelas saat ini jumlahnya menurun," ungkapnya.

Verified Writer

Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya