TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Idul Adha, Madiun Raya Dapat Tambahan 185.680 Tabung LPG 3kg

Jika harga di atas Rp16.000 berarti bukan pangkalan resmi

ilustrasi gas LPG 3kg (IDN Times/ Riyanto)

Madiun, IDN Times - Menyambut Idul Adha, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menambah pasokan tabung LPG 3kg sebesar 1.797.160 tabung. Jumlah ini meningkat 136,6% dari konsumsi harian normal bulan Juni yang mencapai 1.315.440 tabung atau 3.946 metrik ton per hari.

Dari jumlah tersebut, enam kabupaten di Madiun Raya mendapatkan tambahan 185.680 tabung LPG 3kg. Harapannya, ini dapat mencukupi kebutuhan warga selama Idul Adha.

1. Patra akan banjiri pasar dengan LPG 3kg

Menurut Ahad Rahedi, Area Manager Comm, Rel & CSR Jatimbalinus, langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan dan kenyamanan masyarakat selama Idul Adha. Terutama dalam mengantisipasi peningkatan permintaan LPG.

"Penambahan tabung ini bertujuan untuk menghindari spekulasi harga oleh oknum tertentu," katanya, Minggu (09/06/2024).

Sebelum dan sesudah Idul Adha, Patra akan banjiri pasar dengan LPG 3kg melihat tingginya prediksi konsumsi dan tradisi di berbagai daerah. 

"Khusus di Madura, misalnya, tambahan lebih banyak karena tradisi toron yang melibatkan banyak pemudik dibandingkan Idul Fitri," ujar Ahad.

Baca Juga: Buku Kepemimpinan Bos PT Pos Indonesia Dibedah di Surabaya

2. HET Rp16.000

Ahad juga menghimbau masyarakat untuk membeli LPG di pangkalan resmi Pertamina untuk mendapatkan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp16.000 dan memastikan ketersediaan stok. 

"Pangkalan resmi Pertamina bisa dikenali dari harga jualnya. Jika di atas Rp16.000,  itu bukan pangkalan resmi. Masyarakat disarankan untuk tidak membeli jika harga sudah terlalu tinggi," tambahnya.

Masih menurutnya, di Jawa Timur, setiap desa minimal memiliki 2 hingga 3 pangkalan LPG, sementara di kota atau kecamatan terdapat minimal 5 pangkalan per desa. 

Berita Terkini Lainnya