Kerugian Kebakaran Pasar Comboran Diperkirakan Rp3 Miliar

Para pedagang untuk sementara akan direlokasi

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) terus melakukan perhitungan terkait kerugian akibat kebakaran di Pasar Comboran Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Jumat (13/9/2024). Kebakaran ini cukup dahsyat karena menghanguskan 85 persen bangunan Pasar Baru Barat Comboran yang ada di sana. Diperkirakan kerugian akibat kebakaran ini mencapai miliaran rupiah.

1. Pemkot Malang mengumumkan jika kerugian akibat kebakaran Pasar Comboran mencapai Rp3 miliar

Kerugian Kebakaran Pasar Comboran Diperkirakan Rp3 MiliarKebakaran di Pasar Comboran Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sriyuliadi mengupdate jika pedagang yang terdampak akibat kebakaran ini ada 74 pedagang. Kemudian ada 11 mobil yang hangus terbakar karena terparkir di dalam gedung.

"Sementara ini hitungan kami kerugian akibat kebakaran ada Rp3 miliar. Kerugian ini mulai dari lapak hingga mobil yang ikut terbakar," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (18/9/2024).

Untuk sementara, para pedagang yang terdampak kebakaran akan direlokasi di lantai 1 yang Pasar Comboran tidak terbakar. Menurutnya ada lokasi yang kosong bisa dimanfaatkan para pedagang untuk berniaga.

Baca Juga: 100 Pedagang Terdampak Kebakaran Pasar Comboran

2. Pemkot Malang dapat instruksi khusus dari Mendagri RI

Kerugian Kebakaran Pasar Comboran Diperkirakan Rp3 MiliarKebakaran di Pasar Comboran Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sementara itu, Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan mengatakan jika kebakaran Pasar Comboran jadi perhatian khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian. Pemerintah Kota Malang mendapatkan instruksi khusus untuk memperhatikan para pedagang.

"Tadi laporan Pak Kadis ada 74 pedagang terdampak, jadi ini yang harus kita siapkan langkah. Sesuai instruksi Pak Mendagri kepada saya, dalam tanggap darurat ini kita harus hadir dan memberikan solusi konkret," tegasnya.

Iwan mengatakan jika mereka perlu mengantisipasi dampak psikologis para pedagang akibat kebakaran ini. Pasalnya pedagang tidak hanya mengalami kerugian material, tapi juga ketidakpastian nasib usai Pasar Comboran terbakar.

3. Pemkot Malang akan gunakan BTT untuk bantu pedagang

Kerugian Kebakaran Pasar Comboran Diperkirakan Rp3 MiliarKebakaran di Pasar Comboran Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Untuk solusi jangka pendek, Pemkot Malang akan menggunakan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) dari APBD untuk membantu 74 pedagang Pasar Comboran. Para pedagang akan mendapatkan bantuan sosial untuk ganti rugi barang dagangannya yang hangus dilahap api. 

"Nanti tolong diperhatikan bagaimana prosedur dan mekanismenya. Supaya secara administratif dan pelaksanaan dilapangan tidak menimbulkan masalah," paparnya.

Untuk solusi jangka panjang, Pemkot Malang akan mengkaji fungsi, sarana, dan prasarana, serta perbaikan segala aspek bangunan di Pasar Comboran. Sehingga kedepannya lebih aman dan nyaman ditempati para pedagang.

"Jangka panjangnya nanti kita akan kaji, bagaimana fungsi ini berjalan sebagaimana mestinya. Bagaimana kelayakan sarana prasarananya dan saya akan coba berkonsultasi terkait perbaikan dan rehabilitasi pasar," pungkasnya.

Baca Juga: Pemadaman Kebakaran Pasar Comboran Terkendala Alat Damkar

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya