TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Ganis Rumpoko, Anak Eks Wali Kota Batu yang Maju Pilkada 2024

Ganis Rumpoko maju sebagai calon wakil wali kota Malang

Ganis Rumpoko, anak eks Wali Kota Batu yang maju Pilkada 2024 sebagai calon wakil wali kota Malang. Instagram/ganisrumpoko

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran pasangan calon kepala daerah Kota Malang yang mengikuti Pilkada 2024, resmi ditutup pada tanggal 29 Agustus 2024. Hari terakhir pendaftaran calon kepala daerah ke KPU Kota Malang ditutup oleh pasangan Heri Cahyono - Ganis Rumpoko. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Bagi warga Malang Raya, nama Ganis Rumpoko tentu tak asing. Ia adalah anak dari almarhum Eddy Rumpoko dan Dewanty Rumpoko. Keduanya merupakan mantan wali kota Batu secara berurutan. Eddy Rumpoko menjabat Wali Kota Batu dua periode pada kurun waktu 2007-2017. Setelah lengser, giliran Dewanty Rumpoko memimpin Kota Batu periode 2017-2022.

Kedua orang tua Ganis Rumpoko adalah kader PDIP. Ibarat buah tak jatuh jauh dari pohon, anak kedua dari 3 bersaudara ini juga kader PDIP aktif. Pada tahun 2019, ibu dua orang anak ini maju sebagai calon legislatif DPR RI dari partai banteng dapil Jawa Timur 3. Namun belum berhasil.

Wanita dengan nama lengkap Ganisa Pratiwi Rumpoko ini meraih gelar sarjana dan magister di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Gelar S1-nya didapat usai merampungkan studi Antropologi Budaya, sedangkan S2-nya dari Magister Antropologi. Dalam laman PPDIKTI, diketahui saat ini Ganis Rumpoko sedang menempuh studi doktoral di Universitas Airlangga program studi Ilmu Sosial.

Ganis juga sempat belajar di University of Liverpool untuk mengambil ilmu Sport Business. Kecintaan wanita 34 tahun ini pada olahraga mengantarkannya menduduki jabatan sebagai Ketua Askot PSSI Kota Batu periode 2022-2026.

Dalam laman Linkedinnya, tercantum bahwa ia sekarang menjabat sebagai CEO Pupuk Bawang. Pupuk Bawang adalah restoran dengan spesialisasi masakan nusantara di Kota Batu yang cukup tenar.

Pada pemilihan legislatif 2024 ini, ia kembali mencalonkan diri. Ganis maju sebagai calon DPRD Kota Batu - Dapil Kota Batu 1. Dengan total 2.378 suara, ia berhasil menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Batu periode 2024-2029.

Seiring dengan pencalonannya sebagai calon wakil Wali Kota Malang, Ganis dikabarkan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD. Bersama pasangannya, Heri Cahyono, ditambah dukungan penuh dari PDI-P, mereka siap bertarung di Pilkada 2024 Kota Malang. Keduanya akan melawan paslon lain, Abah Anton-Dimyati yang diusung 4 partai dan Wahyu-Ali yang didukung 13 partai.

Baca Juga: Bapaknya Meninggal, Ganis Rumpoko Sebut Sudah Lama Tak Ketemu

Verified Writer

dhafintya noorca

Life keeps on going and learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya