TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PKB Tunjuk Musyafak Rouf Jadi Ketua DPRD Jatim, 3 Parpol Belum Setor Nama

Golkar tugaskan Blegur jadi wakil ketua

Ketua DPC PKB Surabaya, Musyafak Rouf saat membuat laporan ke Polrestabes Surabaya. (Dok. Istimewa)

Surabaya, IDN Times - DPRD Jawa Timur (Jatim) belum menetapkan pimpinan definitif. Karena sejauh ini baru dua dari lima partai politik (parpol) yang menyetor nama kadernya yang akan jadi pimpinan. Yakni Golkar dan PKB.

PKB sendiri menjadi parpol pemenang dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) Anggota DPRD Jatim 2024. Maka dari itu, partai ini mendapatkan jatah Ketua DPRD Jatim. Sementara empat lainnya, yakni Golkar, Gerindra, Demokrat dan PDIP mendapatkan jatah wakil ketua.

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah mengatakan bahwa partainya sudah menunjuk kader senior yang mendapatkan kursi di Dapil Jatim I (Surabaya), Musyafak Rouf sebagai Ketua DPRD Jatim periode 2024 - 2029. "PKB sudah memilih Pak Musyafak Rouf," ujarnya, Kamis (19/9/2024). 

Masuknya nama Ketua DPC PKB Surabaya ini membuat DPRD Jatim sementara ini sudah punya dua nama pimpinan definitif dari total lima kursi. Beberapa waktu sebelumnya, Golkar juga sudah memilih Blegur Prijanggono sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim. 

Anik yang kini menjabat Ketua DPRD Jatim sementara ini tidak dapat membeberkan lebih jauh terkait tiga nama dari fraksi lainnya yang belum mengirim nama pimpinan. Ia hanya memastikan bahwa penetapan pimpinan akan segera digelar.

"Sesuai mekanisme, nantinya akan dilakukan penetapan pimpinan melalui rapat paripurna pada Senin (23/9/2024) mendatang," jelas Anik. 

Penetapan tersebut dimungkinkan sekalipun belum lengkap lima kursi pimpinan DPRD Jatim. "Setelah penetapan di Paripurna, kita usulkan ke Kemendagri untuk mendapatkan SK pimpinan definitif. Kalau sudah ada SK nanti akan dilantik," pungkasnya. 

Baca Juga: Cak Imin Gantungkan Nasib PKB ke Anak Muda

Berita Terkini Lainnya