TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pilbup Sampang, Elektabilitas Petahana Disalip Penantang

Katanya karena tak puas

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt saat rilis hasil Pilbup Sampang 2024. Dok. ARCI.

Sampang, IDN Times - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) melirik elektabilitas Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati di Pilbup Sampang. Hasilnya, Muhammad Bin Muafi (Gus Mamak) - Abdullah Hidayat unggul dari Cabup petanana Slamet Junaedi (Kaji Idi) yang berpasangan dengan KH Ahmad Mahfud (Ra Mahfud).

Dalam survei ARCI, elektabilitas Gus Mamak-Abdullah Hidayat di angka 42,8 persen. Sedangkan Kaji Idi-Ra Mahfud di angka 36,5 persen. Ada 20,7 persen responden belum menjawab. 

Survei Cabup, Gus Mamak memiliki elektabilitas di angka 39,2 persn. Sedangkan Kaji Idi 34,6 persen. Ada 26,2 persen responden belum menjawab. Survei cawabup, elektabilitas Abdullah Hidayat di angka 39,7 persen. Sementara Ra Mahfud di angka 21,5 persen. Ada 38,8 persen responden yang belum menjawab.

Menurut Baihaki, elektabilitas Gus Mamak-Abdullah Hidayat naik karena banyak warga Sampang yang menginginkan perubahan di daerahnya. "Warga Sampang ingin adanya perubahan, dan mayoritas warga Sampang memilih Gus Mamak-Abdullah Hidayat," ujarnya, Rabu (21/8/2024).

"Warga cenderung kurang puas atas kepemimpinan Kaji Idi selama jadi Bupati Sampang lima tahun karena warga Sampang cenderung mendambakan pembangunan yang setara dengan kota," jelasnya menambahkan.

Baihaki juga menyebut responden memilih Gus Mamak-Abdullah Hidayat karena dianggap sosok religius serta peduli terhadap pembangunan wilayah desa. "Gus Mamak merupakan representasi pesantren di Pilbup Sampang dan dapat dipercaya warga untuk mengambil kebijakan yang islam yang pro kerakyatan dibanding calon lain," tegasnya.

Baihaki menambahkan tren bapaslon Gus Mamak-Abdullah Hidayat terus meningkat. ARCI memprediksi jika Gus Mamak-Abdullah Hidayat terus bergerak masif, maka elektoral akan terus naik.

"Tren Gus Mamak-Abdullah Hidayat sangat positif dan terus bergerak naik menyalip petahana. Jika tren ini terus dipertahankan, bukan tidak mungkin Gus Mamak-Abdullah Hidayat akan unggul telak atas Kaji Idi," tandasnya.

Diketahui, Survei ARCI digelar pada 11-17 Agustus 2024 di Sampang. Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1.000 warga dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 2,9 persen.

Baca Juga: ARCI: Hendy Setiono Berpeluang Saingi Armuji Dampingi Eri

Berita Terkini Lainnya