TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Panjang Jalan Provinsi di Jatim Bertambah, Pemprov Fokus Pemeliharaan

Klaim kemantapan jalan tinggi

Jalur Lintas Selatan (JLS) di Tulungagung. IDN Times/Talita Hariyanto

Surabaya, IDN Times - Panjang jalan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dipastikan bertambah pada tahun 2025 mendatang. Diketahui saat ini panjang jalan provinsi 1.421 kilometer (Km). Tahun depan panjangnya diproyeksikan menjadi 1.671,32 km.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur Edy Tambeng Widjaja mengatakan, saat ini pihaknya sedang proses serah terima jalan yang merupakan ruas upgrade dan downgrade. Ke depannya jalan yang ada akan dilakukan pemeliharaan.

Karena menurut Tambeng, untuk peningkatan jalan sangat tidak memungkinkan karena anggaran yang kurang memadai. "Karena 70 persen jalan di Jatim ini sudah melewati umur," ujarnya, Senin (16/9/2024). 

Meski demikian, Tambeng megatakan, ada pembangunan di sejumlah titik yang sebagian menggunakan sebagian Dana Alokasi Khusus (DAK). Ia mengklaim untuk pemeliharaan jalan bergelombang maupun berlubang merata di seluruh Jatim.

"Pemeliharaan ini lebih prioritas dibandingkan pembuatan jalan baru. Tujuannya untuk kemantapan jalan agar masyarakat merasa nyaman," terangnya.

Tambeng mengatakan kondisi kemantapan jalan di Jatim terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2024 mencapai 89,61 persen, tahun 2023 mencapai 89,25 persen dan tahun 2022 mencapai 89,10 persen.  

 

 

Baca Juga: JLS Jatim Tak Kunjung Tuntas, Bappeda: Terkendala Pembebasan Lahan

Berita Terkini Lainnya