TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Pertama Pendaftaran di KPU Jatim, Belum Ada Bapaslon yang Daftar

Ada kabar Khofifah - Emil daftar besok

Suasana di KPU Jatim pada hari pertama pendaftaran Pasangan Bakal Calon Gubernur - Wakil Gubernur Jatim, Selasa (27/8/2024). (IDN Times/Ardiansyah Fajar.)

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2024 dibuka Selasa (27/8/2024). Pantauan IDN Times di Kantor KPU Jatim dari pukul 08.00 - 12.00 WIB, masih belum ada yang mendaftar.

"Hari ini belum ada konfirmasi dari paslon manapun yang hadir. Tapi kami masih menunggu sampai jam 4 (16.00 WIB)," ujar Komisioner KPU Jatim, Chairul Umam saat ditemui di Kantor KPU Jatim.

Diketahui, pendaftaran pasangan calon gubernur - wakil gubernur dibuka selama tiga hari. Mulai 27 - 29 Agustus 2024. Khusus 27 - 28 Agustus dibuka pukul 08.00 - 16.00 WIB. Sedangkan 29 Agustus dibuka lebih lama sampai 23.59 WIB.

Tak hanya sepi pendaftar, Umam menyebut kalau tim bakal pasangan calon (bapaslon) juga belum ada yang menghubungi pihak KPU Jatim. Hanya saja, ada lima partai politik yang bertanya secara informal melalui pesan seluler.

"LO partai politik ada yang kontak menanyakan soal persyaratan pencalonan. Ada lima parpol yang tanya, Gerindra, Demokrat, PDIP, PKB dan pagi tadi Gelora," terang Umam.

Meski belum ada tim bapaslon yang mengonfirmasi jadwal pendaftarannya, Umam mengakui kalau mendapatkan kabar bahwa ada paslon yangbakan daftar pada Rabu (28/8/2024). Yaitu, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak.

"Ada kabar, katanya besok tim paslon Khofifah dan Emil melakukan pendaftaran. Kalau konfirmasi resminya kami belum dapat," kata Umam.

Sebelumnya, Bapaslon Gubernur - Wakil Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak telah mendapatkan delapan formulir B1 KWK dari partai politik parlemen. Berkas tersebut akan menjadi pelengkap pendaftaran Paslon Cagub - Cawagub ke KPU Jatim.

Delapan parpol parlemen yang telah memberikan B1 KWK itu antara lain, Partai Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar, PKS, PPP, NasDem dan PSI. Dengan lengkapnya rekomendasi ini, pasangan petahana itu akan mendaftar pada hari kedua pendaftaran, Rabu 28 Agustus 2024.

"B1 KWK ini salah satu dari persyaratan kelengkapan ke KPU untuk bisa terpenuhi seluruh persyaratan yang kami sampaikan InsyaAllah tanggal 28 besok," ujar Bacagub Jatim Khofifah Indar Parawansa, usai menerima B1 KWK dari PSI, Senin (26/8/2024).

Sementara untuk persiapan, Bacawagub Jatim, Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa pihaknya sekarang ini melengkapi berkas untuk mendaftar ke KPU Jatim. "Kami sedang melengkapi berkas sambil koordinasi dengan fungsionaris partai (pengusung) di Jawa Timur," katanya.

Baca Juga: Khofifah-Emil Daftar ke KPU Jatim Rabu 28 Agustus 2024

Berita Terkini Lainnya