Batal ke Penutupan PON, Jokowi Pilih ke Pernikahan Anak Khofifah

PON Diwakili Menko PMK

Surabaya, IDN Times - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan batal menghadiri penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Stadio Utama Sumatera Utara (Sumut), Jumat (20/9/2024) malam nanti. Ia lebih memilih menjadi saksi pernikahan putra ketiga Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, Yusuf Mannagalli Parawansa. 

Akad nikah anak Khofifah bakal dilaksanakan di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jumat (20/9/2024) pukul 13.15 WIB. Pada akad nikah tersebut, Jokowi hadir sebagai saksi. 

"Oh yang hadir (PON) kan ada di sini, nanti ke (pernikahan anak) Bu Khofifah," ujar Jokowi saat berada di Surabaya. 

Sementara di penutupan PON XXI, dirinya bakal diwakilkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy. 

"Yang nganu (ke penutupan PON) Pak Menko PMK, ya," tutur orang nomor satu di Indonesia ini. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabar soal penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Tahun 2024 akan dihadiri Presiden Joko Widodo, terjawab. Jokowi batal menghadiri penutupan multi event olahraga pada Jumat (20/9/2024) yang berlangsung di Stadio Utama Sumut yang baru selesai dibangun.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo mengnfirmasi soal batalnya kdatangan Jokowi. Kata Dito, upacara penutupan akan diwakilkan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

"Sampai hari ini (rencana yang menutup PON 2024 Aceh-Sumut), bapak Menko PMK yang hadir," kata Dito kepada wartawan, di venue cabor Badminton di Kota Medan, Kamis (19/9/2024).

Dito tidak mengungkap alasan kenapa Jokowi tidak hadir. Sebelumnya, Jokowi hadir saat membuka PON 2024 di Aceh beberapa waktu lalu.

Sementara itu, sampai hari ini proses pembangunan masih berjalan di sport centre. Jamak masyarakat yang menilai pemerintah tidak siap melaksanakan PON. Bisa dibayangkan, para atlet yang bertanding di sport centre harus menghadapi debu dari proses pembangunan. Mereka bertanding di tengah alat berat yang beroperasi.

Sampai hari ini pun, informasi yang dihimpun, sejumlah alat berat masih beroperasi. Proses pembangunan akses menuju ke beberapa venue masih dilakukan.

Baca Juga: Jokowi Blusukan ke Pasar Surabaya, Sebut Harga Bapok Turun

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya