TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Elektabilitas Capres Prabowo Tertinggi, Cawapres Erick Thohir

Semua capres tren elektabilitasnya naik!

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir tengah berbincang bersama. (Twitter/Erick Thohir)

Surabaya, IDN Times - Poltracking Indonesia merilis hasil surveinya di Jawa Timur (Jatim). Elektabilitas Calon Presiden (Capres) masih menempatkan Prabowo Subianto disusul Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.

Data yang didapat IDN Times dari Poltracking Indonesia, elektabilitas Prabowo sebesar 40,6 persen, Ganjar sebesar 38,2 persen dan Anies sebesar 13,6 persen. Sementara sisanya 7,6 persen tidak menjawab.

Tren elektabilitas Prabowo 40,6 persen ini rupanya mengalami kenaikan 5,8 persen dibanding survei Juni lalu sebesar 34,8 persen. Kemudian Ganjar juga menguat 2,6 persen dari 35,6 persen menjadi 38,2 persen. Pun Anies naik 4,3 persen dari 9,3 persen menjadi 13,6 persen.

"Memang tren elektabilitas 3 Capres cenderung naik periode Juni ke September 2023," Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi, Rabu (11/10/2023).

Jika dilihat dari peta sebaran elektabilitas, Prabowo banyak mendapat dukungan di kawasan Tapal Kuda. Sementara Ganjar Pranowo menguasai wilayah Mataraman. Sedangkan Anies tidak cukup mendominasi di suatu wilayah di Jatim. Ada beberapa wilayah yang menempatkan para Capres ini cukup berimbang.

"Seperti wilayah Pantura itu Ganjar dengan Prabowo imbang, wilayah Arek juga Ganjar dan Prabowo imbang. Kemudian di wilayah Madura ada Anies dan Prabowo bersaing ketat," beber Arya.

Tak kalah pentingnya, sambung Arya, Poltracking juga mengambil survei berdasarkan kedekatan dengan Nahdlatul Ulama (NU). Prabowo menjadi tertinggi sebesar 41,7 persen, diikuti Ganjar sebesar 37,5 persen dan Anies 14,6 persen. Sebesar 6,2 persen tidak menjawab.

Survei ini akan terus mengalami perubahan seiring dengan diumumkannya Calon Wakil Presiden dua Capres. Diketahui, Prabowo dan Ganjar hingga kini belum mengumkan nama Cawapres. Namun ada sejumlah nama yang menurut survei Poltracking punya elektabilitas tinggi.

"Dalam simulasi 10 nama Cawapres, nama Erick Thohir tertinggi 21,4 persen, Mahfud MD 15,7 persen, Muhaimin Iskandar 14,8 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,3 persen, Ridwan Kamil 7,4 persen dan di bawah 5 persen ada Sandiaga Uno, AHY, Andika Perkasa, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto," ungkap Arya.

Sekadar diketahui, survei Poltracking Indonesia dilakukan 25 September - 1 Oktober 2023. Melibatkan 1.000 responden warga Jatim. Menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berita Terkini Lainnya