TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

DPRD Segera Kirim Nama Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono?

Pokoknye orang yang cakap mengelola Jatim

Sekda Jawa Timur Adhy Karyono (kominfo.jatimprov.go.id)

Surabaya, IDN Times - Jabatan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) berakhir pada 31 Desember 2023. Nantinya, jabatan akan diisi Pj Gubernur.

Nah, DPRD Jatim pun mulai membahas nama-nama yang diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Karena legislator punya hak untuk mengusulkan tiga nama. 

Pembahasan dewan bakal dilaksanakan tergantung surat dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. "Estimasinya memang antara akhir November atau awal Desember," ujar Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah, Selasa (21/11/2023). 

Anik menambahkan, kandidat Pj Gubernur Jatim tidak boleh sosok sembarangan. Mengingat Jatim sebagai provinsi besar, maka sosok pengganti Gubernur Khofifah harus memenuhi sejumlah kecakapan selain persyaratan sesuai regulasi. 

Pj Gubernur memang hanya melanjutkan visi misi dan program Pemprov Jatim era Khofifah-Emil. Hanya saja, sosoknya harus cakap. Di antaranya, harus paham karakteristik masyarakat Jatim dan merangkul semua pihak.

"Dengan begitu, bisa menciptakan situasi kondusif. Artinya, yang bisa melakukan komunikasi berbagai arah, tidak hanya komunikasi antar eksekutif tapi juga dengan legislatif dan masyarakat," kata politisi PKB ini.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Jatim, Ubaidillah mengatakan, daftar nama kandidat Pj Gubernur akan disampaikan kepada Kemendagri paling lambat sebulan sebelum Khofifah Emil purnatugas sebagai kepala daerah.

Ia membocorkan, beberapa nama yang sedang digodok yakni, Kepala Dinas ESDM Jatim Nurcholis, Kepala Bappeda Jatim Muhammad Yasin, Kepala Biro Perekonomian Jatim Budi Raharjo dan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Adhy Karyono.

"Tapi itu masih belum pasti dan menunggu usulan-usulan yang lain. Komisi A akan mendengar seluas-luasnya terkait dengan masukan masyarakat. Nama-namanya itu masih kami godok," kata dia.

Khusus Adhy Karyono, sambung Ubaidillah, menjadi kandidat paling potensial dan layak menjadi Pj Gubernur Jatim melebihi tokoh lain. "Menurut kami yang paling layak untuk hari ini ya Pak Adhy Karyono," kata dia.

"Dari segi pengalaman dan juga pengetahuan, Pak Adhy ini sudah mengetahui tentang seluk-beluk birokrasi Jatim karena sudah hampir dua tahun jadi Sekda Jatim," pungkasnya. 

Baca Juga: Tolak Penetapan UMP Jatim 2024, Buruh Ancam Demo Besar

Berita Terkini Lainnya