TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Jadi Saksi Nikah Putra Ketiga Khofifah di Masjid Al-Akbar

Selamat ya, mas Yusuf Mannagalli Parawansa

Jokowi saat menjadi saksi pernikahan putra ketiga Khofifah, Jumat (20/9/2024). (Dok. Tim Media Khofifah)

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi saksi nikah putra ketiga dari Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jumat (20/9/2024). Putra ketiga Khofifah Yusuf Mannagalli Parawansa menggelar rangkaian acara pernikahannya dengan mempelai perempuan, Jihan Qonitatillah.

Rangkaian acara pernikahan Yusuf-Jihan telah berlangsung sejak sekitar pukul 10.00 WIB, yang dilangsungkan di Grand Ballroom Al Marwah, Masjid Nasional Al-Akbar. Kemudian, akad digelar selepas salat Jumat.

Jokowi terlihat hadir bersama ibu negara Iriana Joko Widodo sekitar pukul 14.00 WIB. Ia mengenakan jas warna biru tua, dengan kemeja putih, sarung warna merah dan kopiah hitam.

Dalam acara akad pernikahan tersebut juga dihadiri Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjono, Kapolri Jendral Listyo Sigit, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Sosial Saiful Yusuf (Gus Ipul), Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono hingga Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Emil Elistianto Dardak.

Sebelum acara dimulai , Khofifah mengatakan kepada media, rangkaian acara yang dilaksanakan adalah serah-serahan dari calon pengantin pria kepada calon pengantin perempuan. Hingga syukuran yang digelar di kediamannya.

"Ini kan penyerahan secara resmi, kulo nuwun secara resmi, menitip secara resmi dari keluarga laki-laki yang melamar calon pengantin perempuan, jadi kemudian dijawab oleh pihak calon pengantin perempuan bahwa lamaran diterima," ungkapnya.

Setelah seserahan, kemudian dilakukan akad nikah dengan saksi Presiden Jokowi. Usai akad, acara syukuran untuk merayakan pernikahan keduanya juga dilakukan di kediaman pribadi Khofifah di kawasan Jalan Jemursari Surabaya pada malam hari.

"Jadi kalau ada tamu yang kebetulan belum sempat ke sini, monggo hadir di Jemur, rumah kami nanti malam," paparnya.

Di samping itu, di sekitar masjid Al-Akbar Surabaya ratusan orang menunggu kedatangan Jokowi dengan membawa banner. Mereka merupakan relawan Jokowi dari Barisan Rakyat Nusantara (Bara Nusa), Tatag mengatakan,

Banner tersebut bertuliskan ucapan terima kasih kepada Jokowi atas dedikasi selama 10 tahun menjabat. Selain itu, mereka juga menyanyikan yel-yel terima kasih kepada Jokowi.

'Rakyat Jawa Timur mengucapkan Terima Kasih Atas Seluruh Dedikasi dan Pengabdiannya Sebagai Presiden Selama 10 Tahun Ini', isi poster yang dibawa masyarakat.

Baca Juga: Warga Teriak Mulyono saat Jokowi Blusukan ke Pasar Surabaya

Berita Terkini Lainnya