Comscore Tracker

15 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Jawa, Penuh Makna Baik

Tak hanya sugeng polokrami, gunakan kata bermakna lainnya!

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral, di mana kedua insan berkomitmen untuk menjalani sisa hidup bersama. Tak hanya bagi kedua mempelai, pernikahan biasa menjadi momen yang membahagiakan juga bagi segenap keluarga, kerabat, juga teman-teman dekat. Memberi ucapan selamat dan doa-doa baik, tentunya gak boleh terlewat.

Berikut 15 contoh ucapan selamat menikah dengan menggunakan Bahasa Jawa yang benar, dan berarti dalam. Simak, yuk!  

1. Ucapan dengan Bahasa Jawa halus 

15 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Jawa, Penuh Makna BaikIlustrasi Pernikahan (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Sugeng polokrami lan ndherek mangayubagyo! Mugi Gusti amberkahi rahmat pengantin kekalih.

(Selamat menikah, dan ikut berbahagia! Semoga Tuhan memberi berkat rahmat untuk kedua mempelai.)

Sugeng polokrami kagem pengantin kekalih! Mugi anggenipun balewisma tansah guyup lan rukun ngantos kaken lan ninen.

(Selamat menikah untuk kedua mempelai! Semoga rumah tangganya selalu rukun hingga kakek nenek.)

Sugeng lumebeting balewisma. Yakinaken pernikahan niki amargi kehendakipun Allah. Nggeh, mugi-mugi pernikahan saget saklawase lan dados pengabdian marang Allah.

(Selamat menjalani hidup berumah tangga. Yakini pernikahan ini karena kehendak Allah. Semoga pernikahannya bisa berlangsung selamanya dan menjadi sebuah pengabdian kepada Allah.)

Sugeng lumebeting balewisma, mugio tansah pinaringan berkahing Gusti Allah lan kalimpahan gancar anggenipun ngupadi rejeki.

(Selamat menjalani hidup berumah tangga, semoga selalu diberi keberkahan oleh Tuhan, dan diberi kemudahan dan kelimpahan rezeki.)

Nderek mangayubagyo lan memuji dumateng Gusti Allah, mugi-mugi temanten kekalih tansah kaparingan berkat kawilujengan anggenipun nglampahi gesang akrami.

(Ikut berbahagia dan memuji Allah, semoga kedua mempelai selalu diberi berkat keselamatan selama menjalani kehidupan pernikahan.)

2. Ucapan dengan Bahasa Jawa yang lebih santai  

15 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Jawa, Penuh Makna BaikIlustrasi Cincin Pernikahan (unsplash.com/Lauren Richmond)

Selamet dulur! Mugi saget terus sami-sami jalani crita sing penuh katresnan. Dongaku mugi cepet diparingi momongan, nggih!

(Selamat saudaraku! Semoga bisa terus bersama menjalani cerita dengan penuh cinta. Doaku semoga cepat diberi momongan, ya!)

Selamat bro lan sis! Nderek bungah dadi saksi crito katresnanmu. Wes wancine mbangun keluwarga kang becik lan rukun. Mugi Gusti paling berkah kang melimpah, nggih!

(Selamat bro dan sis! Ikut senang jadi saksi cerita bahagia kalian. Sudah waktunya membangun keluarga yang baik dan rukun. Semoga Tuhan selalu beri berkah yang melimpah, ya!)

Nderek bungah lan sugeng  polokrami. Mugi-mugi guyup rukun kadhos kaken lan ninen.

(Ikut bahagia, dan selamat menikah. Semoga selalu rukun hingga kakek nenek.)

Selamet nggeh. Mugio Allah ndamel pernikahan niki dadi pernikahan ingkang penuh barokah, lan cepet diparingi keturunan.

(Selamat ya. Semoga Allah membuat pernikahan ini penuh berkah, dan cepat diberi keturunan.)

Selamet dulur! Mugi-mugi cepet diparingi momongan, diparingi barokah lan katresnan dugi Allah.

(Selamat saudaraku! Semoga cepat diberi keturunan, diberi keberkahan, dan cinta dari Allah.)

3. Ucapan penuh doa

15 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Jawa, Penuh Makna BaikIlustrasi Pernikahan (unsplash.com/Drew Coffman)

Rembulan lan bintang mesem ramah banget. Ngiringi doa-doa kangge rencang kula ingkang nembe nikah. Mugi saged mbentuk kaluwarga sakinah, mawaddah lan warohmah. Mugi saged terus sami-sami jalani crita sing penuh katresnan. Lan mugi diberkahi jembar rezeki lan bungah ati. Amin.

(Bulan dan bintang yang tersenyum ramah. Mengirimi doa-doa untuk teman saya yang sedang menikah. Semoga bisa membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah. Semoga bisa terus bersama-sama menjalani cerita yang penuh cinta. Dan semoga diberkati rezeki melimpah dan hati yang bahagia. Amin.)

Sugeng lumebeting balewisma, lan nderek mangayubagyo. Mugi dados kaluwarga sakinah, mawadah, warohmah. Tansah paring kajembaran rizki, kebungahan ati, uga cepet paring keturunan.

Selamat menempuh kehidupan berumah tangga, dan ikut berbahagia. Semoga menjaid keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Selalu diberi kelapangan rezeki, kebahagiaan hati, dan cepat diberi keturunan.

Baca Juga: 13 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun dengan Bahasa Jawa, Penuh Makna

4. Ucapan dengan kiasan 

15 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Jawa, Penuh Makna BaikIlustrasi Pernikahan (unsplash.com/Jeremy Wong)

Tresna sejati iku ora golek kasampurnan. Saling nglengkapi iku cara sing paling apik kanggo tresna. Nderek bungah kagem pernikahanmu. Mugi samawa, nggih!

(Cinta sejati itu bukan mencari kesempurnaa. Saling melengkapi adalah car paling tepat untuk mencintai. Ikut senang atas pernikahanmu. Semoga samawa.)

Nikah dudu tujuan, nikah iku perjalanan sing dawa sing bakal sampeyan nikmati karo pasangan. Mugi tansah paring kebungahan ati ngantos kaken ninen.

(Pernikahan itu bukan tujuan, pernikahan adalah perjalanan panjang yang akan kamu nikmati bersama pasangan. Semoga selalu diberi kebahagiaan bersama hingga kakek nenek, ya!)

Ora ana sing luwih endah tinimbang mbangun kulawarga anyar karo wong sing ditresnani. Mugi pernikahan niki tansah paring kebingahan saking Gusti.

(Tidak ada yang lebih indah dariapda membangun keluarga baru, bersama orang yang dicintai. Semoga pernikahan ini selalu diberi kebahagiaan dari Tuhan.)

Baca Juga: 50 Inspirasi Nama Anak Perempuan Bahasa Jawa

EGYDIA ARTAMEVIA Photo Community Writer EGYDIA ARTAMEVIA

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya