Comscore Tracker

Nusa Susun Menara Balok, Mainan Menambah Pengetahuan Anak

Bisa digunakan untuk belajar sambil bermain

Malang, IDN Times - Pada masa serba teknologi seperti saat ini, anak-anak bermain gadget. Padahal ketergantungan gadget pada anak bisa berdampak kurang bagus dalam aktivitas sosialnya. Berdasarkan fenomena tersebut, 5 mahasiswa Universitas Negeri Malang masing-masing Naufal Yuan Nabila, Nuroh, Naili Hidayati, Rodan Hadir dan Andi Irawan membuat mainan anak yang juga sekaligus untuk menambah pengetahuan. Mainan tersebut diberi nama Nusa Susun Menara Balok. 

1. Dilengkapi QR code

Nusa Susun Menara Balok, Mainan Menambah Pengetahuan AnakSalah satu mahasiswa menunjukkan cara QR Code untuk melihat informasi dari balok yang diambil. IDN Times/Alfi Ramadana

Sekilas model permainannya memang hampir mirip dengan Uno Staco. Namun yang membedakan mainan ini adalah pada sekeliling baloknya dilengkapi QR code. Saat discan maka, secara otomatis mainan tersebut akan memunculkan informasi sesuai gambar yang tertera di balok yakni pakaian adat pada gadget.

Cara mainnya juga cukup mudah yakni balok disusun terlebih dahulu. Setelah itu anak-anak tinggal mengambil balok satu demi satu kemudian menebak bahwa pakaian adat dari provinsi mana yang mereka ambil. Untuk seri pertama ini ada 21 jenis pakaian adat yang dimasukkan ke dalam permainN tersebut.

"Jadi ada pengetahuan baru yang bisa diambil oleh anak-anak. Karena kami menggabungkan konsep bermain dengan kecanggihan teknologi," kata Naufal, Senin (5/9/2022). 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bakso Malang Paling Enak Se-Malang Raya

2. Efektif untuk pembelajaran anak

Nusa Susun Menara Balok, Mainan Menambah Pengetahuan AnakTiga mahasiswa sedang mempraktekkan cara bermain Nusa Susun Menara. IDN Times/Alfi Ramadana

Naufal menjelaskan bahwa sejauh ini mainan edukasi yang mereka buat cukup efektif digunakan untuk belajar. Dirinya menyebut bahwa mainan tersebut sudah diuji coba ditiga sekolah dan hasilnya cukup bagus. Konsentrasi anak-anak bisa lebih meningkat lantaran mereka bisa bermain dengan tanpa melupakan materi pembelajaran yang ada. 

"Kami melihat anak-anak sangat antusias. Karena mereka bisa belajar sambil bermain," imbuhnya. 

3. Terbuat dari bahan ramah lingkungan

Nusa Susun Menara Balok, Mainan Menambah Pengetahuan AnakTiga mahasiswa sedang mempraktekkan cara bermain Nusa Susun Menara. IDN Times/Alfi Ramadana

Naufal menyebut bahwa produk mainan edukasi buatan mereka ramah lingkungan. Karena untuk baloknya menggunakan resin dan katalis. Lalu pada bagian tengah diberikan sedotan untuk memperkuat konstruksi balok agar tidak mudah pecah. Proses pembuatannya memang cukup memakan waktu karena sampai satu bulan. Tetapi secara umum mainan edukasi tersebut sangat membantu proses pembelajaran.

"Fokusnya adalah untuk anak kelas 4-6 sekolah dasar. Sejauh ini hasilnya sangat membantu anak-anak untuk bisa belajar dengan baik," sambungnya. 

4. Akan dikembangkan untuk materi lain

Nusa Susun Menara Balok, Mainan Menambah Pengetahuan AnakNusa Susun Menara Balok akan dibuat dalam beberapa seri pengetahuan. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejauh ini, Naufal menyebut bahwa mainan edukasi yang ia buat tersebut baru satu tema. Ia bersama rekannya berencana untuk mengembangkan mainan edukasi tersebut untuk materi yang lain. Selain itu, ia menyebut bahwa juga bakal mengembangkan web untuk menambah informasi atas mainan edukasi tersebut.

"Ini baru seri pertama dengan tema baju adat. Nantinya akan ada seri-seri lain yang sedang kami siapkan," pungkasnya. 

Baca Juga: Ibu Korban Perundungan di Malang Pengin Pelaku Dihukum

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya