Comscore Tracker

1.000 Pendaki Diprediksi Rayakan Tahun Baru di Puncak Gunung Lawu

Sebagai rasa syukur dan mendekatkan diri kepada alam

Magetan, IDN Times - Jumlah pendaki Gunung Lawu yang naik melalui Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan diprediksi meningkat menjelang pergantian tahun, Minggu - Senin (30-31/12) besok. Diperkirakan sekitar 800 orang akan menyusuri jalur pendakian pos I hingga puncak selama dua hari itu.

Supervisor Wisata dan Aset Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu dan Sekitarnya (KPH Lawu DS), Dwi Sulistjorini, memprediksi jumlah pendaki yang bakal merayakan malam tahun baru di puncak Gunung Lawu sekitar 1.000 orang.

"Ada pendaki yang naik pada Libur Natal dan masih di atas. Tapi, sebagian besar sudah turun," kata Lis, panggilan akrab Dwi Sulistjorini, Sabtu (29/12).

Baca Juga: Gunung Lawu Terbakar, 200 Pendaki Dievakuasi dengan Selamat

1. Selama libur Natal jumlah pendaki 400 orang rata-rata per hari

1.000 Pendaki Diprediksi Rayakan Tahun Baru di Puncak Gunung LawuIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pada masa libur Natal lalu, Lis mengatakan jumlah pendaki yang melalui Cemoro Sewu sebanyak 2.750-an orang. Mereka tercatat naik sejak Sabtu pekan lalu hingga Jumat kemarin.

Mayoritas di antara mereka sudah turun. Namun, sebagian pendaki masih di atas untuk menunggu pergantian tahun. Para pendaki itu, ia melanjutkan, berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

"Daerah asal mereka diketahui dari kartu identitas yang dicatat oleh petugas di pintu masuk Pos Cemoro Sewu," katanya.

2. Dibandingkan hari biasa, peningkatan pendaki mencapai 100 persen

1.000 Pendaki Diprediksi Rayakan Tahun Baru di Puncak Gunung LawuIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Peningkatan jumlah pendaki pada momen liburan Natal dan Tahun Baru, kata Lis, mencapai 100 persen. Saat hari biasa, rata-rata per hari hanya sekitar 200 orang.

Akan tetapi, pada momentum Natal dan Tahun Baru yang berbarengan dengan masa libur sekolah mencapai 400 orang per hari. Karena itu, upaya pengamanan lebih dimaksimalkan.

Apalagi, saat ini sedang musim hujan yang berpotensi terjadi badai maupun longsor di jalur pendakian maupun puncak Gunung Lawu. Sejumlah pihak dilibatkan dalam pengamanan jalur, seperti BPBD Magetan, Kepolisian TNI Angkatan Darat, dan relawan dari Paguyuban Giri Lawu.

"Kami tetap mengutamakan keselamatan pendaki. Semoga cuaca tetap mendukung untuk pendakian," ujar Lis.

3. Badan SAR Trenggalek juga dilibatkan

1.000 Pendaki Diprediksi Rayakan Tahun Baru di Puncak Gunung LawuIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Kasi Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra, mengatakan bahwa pihaknya juga meminta bantuan Badan SAR Trenggalek untuk pengamanan jalur pendakian Gunung Lawu.

"Kami sudah menghubungi Basarnas untuk ikut dalam giat pam di pendakian dan jalur rawan bencana," ujar Fery.

4. Jalur pendakian Gunung Lawu dapat ditempuh dari tiga pintu masuk

1.000 Pendaki Diprediksi Rayakan Tahun Baru di Puncak Gunung LawuIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu melintasi lima pos untuk bisa mencapai tiga puncak, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilah, dan Hargo Dumiling.

Selain Cemoro Sewu, jalur pendakian bisa melalui Cemoro Kandang dan Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah. Juga, melalui Srambang, Kabupaten Ngawi. Adapun ketinggian Gunung Lawu mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Setelah Gunung Lawu, Kini Gunung Rinjani Juga Ikut Terbakar

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya