Comscore Tracker

Jalan-jalan ke Ijen dan Taman Nasional Baluran Bisa Naik Damri Gratis

Layanan berlaku hingga akhir tahun 2020

Banyuwangi, IDN Times - Jalan-jalan ke destinasi wisata Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Kawah Ijen dan Pulau Merah yang ada di kawasan Kabupaten Banyuwangi, kali ini bisa ditempuh dengan angkutan gratis. Pengunjung bisa memanfaatkan layanan gratis yang disediakan bus Damri hingga Desember 2020.

General Manager Damri Banyuwangi Resta Mahardika menjelaskan, program layanan angkutan gratis untuk wisatawan merupakan instruksi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub untuk pemulihan ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi Corona COVID-19.

"Damri diminta menyediakan armada angkutan gratis bagi wisatawan pada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di Banyuwangi," ujar Resta Mahardika, Kamis (22/10/2020).

1. Siapkan 8 armada

Jalan-jalan ke Ijen dan Taman Nasional Baluran Bisa Naik Damri GratisWisata Pantai Pulau Merah. IDN Times/Istimewa

Angkutan wisata gratis tersebut, kata Resta berlaku sejak 15 Oktober 2020 dan akan berlangsung hingga akhir tahun 2020. Damri menyiapkan 8 armada untuk layanan tersebut, empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit hiace berkapasitas 14 orang per armada.

“Layanan ini setiap hari ada dan gratis. Penumpang tidak dikenakan biaya apapun. Operasionalnya juga menggunakan standar protokol kesehatan COVID-19,” ujar Resta.

Meski di tengah pandemi, pihak Damri diharuskan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Baik petugas maupun penumpang wajib dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, jaga jarak, dan rutin menggunakan hand sanitizer. Ini wajib dilakukan agar kita semua terhindar dari COVID-19," jelasnya.

2. Mendaftar langsung ke Taman Sritanjung

Jalan-jalan ke Ijen dan Taman Nasional Baluran Bisa Naik Damri GratisSeremonial peresmian pemasangan jalur listrik di Taman Nasional Alas Purwo. IDN Times/Istimewa

Bila ingin merasakan angkutan gratis tersebut, pengunjung bisa langsung mendaftar ke petugas dari pos pemberangkatan di halaman parkir Taman Sritanjung. Penumpang bisa memilih 4 destinasi tujuan, Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan Taman Nasional Baluran. 

"Penumpang silakan mendaftar ke petugas. Saat ini kami tengah menyiapkan aplikasi pendaftaran online-nya. Ke depan, penumpang cukup mendaftar lewat Damri Apps, untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada," jelasnya.  

Baca Juga: Kades di Bondowoso Ditangkap atas Kasus Alih Fungsi Lahan Hutan Ijen

3. Berikut jadwal keberangkatannya

Jalan-jalan ke Ijen dan Taman Nasional Baluran Bisa Naik Damri Gratisinstagram.com/jalanjalandibanyuwangi

Bagi yang ingin berangkat ke destinasi wisata Kawah Ijen, perjalanan akan dimulai pada pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB, dan 21.30 WIB. Kemudian untuk jadwal pulang dari Paltuding Kawah Ijen dari Pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB dan 21.30 WIB.

Sementara itu, untuk rute menuju Taman Nasional Baluran, bus akan berangkat pada pukul 07.30 WIB, 12.00 WIB, dan 15.00 WIB. Kemudian pulang dari lokasi wisata pada pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, dan 17.00 WIB.

Perjalanan bisa lebih pagi untuk jarak menuju TN Alas Purwo uang yang lebih jauh dari kawasan kota, berangkat mulai pukul 07.00 WIB dan 08.30 WIB, kemudian pulang pada pukul 14.30 WIB dan 15.30 WIB.

“Untuk rute selanjutnya, Pulau Merah ada 2 kali keberangkatan, pukul 09.00 WIB dan 11.00 WIB. Pulang pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB,” ujar Resta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, program ini akan melengkapi program Dinas Perhubungan Banyuwangi yang juga menyediakan angkutan gratis ke sejumlah lokasi wisata. Program yang telah berjalan tiga tahun ini, menyediakan layanan ke 4 rute, yakni Pulau Merah, Bangsring Underwater, City Tour dan Kawah Ijen.

“Ini menjadi tambahan angkutan wisata gratis di Banyuwangi yang sebelumnya sudah ada sejak tiga tahun lalu," katanya.

Baca Juga: Wisata Kawah Ijen Resmi Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya