Comscore Tracker

Warga Surabaya Jangan Lewatkan Rangkaian HJKS ke-729

Ada Surabaya Shopping Festival hingga Festival Rujak Uleg

Surabaya, IDN Times - Semarak Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) bakal kembali digelar setelah 2 tahun vakum karena pandemik. Event-event mulai dari olahraga, pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Festival Rujak Uleg, hingga Parade Bunga dan Budaya bakal meramaikan hari jadi Kota Pahlawan itu.

Warga Surabaya jangan sampai melewatkan rangkaian dalam HJKS Ke-729. Berikut rangkaian HJKS Kota Surabaya.

1. Surabaya Shopping Festival

Warga Surabaya Jangan Lewatkan Rangkaian HJKS ke-729surabaya.go.id

Kepala Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan serangkaian kegiatan dan festival menarik akan digelar di sepanjang Mei 2022. Acara pertama yang digelar mulai awal Mei adalah Surabaya Shopping Festival yang digelar pada 1-31 Mei 2022.
 
“Acara ini digelar di pusat perbelanjaan di Kota Surabaya. Acara ini terselenggara berkat kerjasama pemkot dengan Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Event ini diikuti oleh 39 mall di Surabaya,” ujar Wiwiek.

Baca Juga: PMK, Pedagang Daging Surabaya Tetap Kebanjiran Pembeli

2. Beragam event olahraga digelar

Warga Surabaya Jangan Lewatkan Rangkaian HJKS ke-729ilustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Memperingati HJKS ke-729 ini, Kota Surabaya telah menggelar berbagai event olahraga mulai dari Kejuaraan Futsal Piala Wali Kota Surabaya Antar Club U-19 mulai 11-15 Mei 2022 di Gelora Bung Tomo. Kemudian Balap Sepeda Piala Wali Kota Suroboyo Race 2022 yang akan digelar pada 15 Mei 2022 di Sirkuit Gelora Bung Tomo. Lalu,
Kejuaraan Nasional Panahan Tradisional pada 21 hingga 22 Mei 2022 di Lapangan Tembak Karang Pilang. .
 
“Event yang dipastikan akan meriah adalah Surabaya 729 Game, yaitu pertandingan pre-session sepak bola Persebaya VS Persis Solo yang digelar pada 22 Mei 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Tomo. Jadi, ini pertandingan single match antara Persebaya dan Persis Solo yang digelar oleh pemkot bersama PT Persebaya,” tegasnya.

Selain itu ada pula Kejuaraan Basket Piala Wali Kota Surabaya Antar Pelajar SMP dan SMA   yang akan digelar pada 23 hingga 29 Mei 2022 di GOR Pancasila dan Indoor Gelora Bung Tomo. Hingga lomba Dayung Perahu Sampan Sprint dan Slalom juga akan memeriahkan HJKS tahun ini. .
 

3. Rujak uleg dan Surabaya akan kembali digelar

Warga Surabaya Jangan Lewatkan Rangkaian HJKS ke-729IDN Times/Putriana Cahya

Selain itu, pada tahun ini pemkot akan menggelar kembali Festival Rujak Uleg pada 22 Mei 2022 di Jalan Kembang Jepun. Event yang rencananya diikuti oleh sekitar 700 peserta atau 140 grup itu akan melibatkan UMKM Rujak Cingur dan makanan serta minuman lainnya.

Di samping itu, event yang sangat ditunggu-tunggu ketika HJKS adalah Surabaya Vaganza. Tahun ini, parade budaya dan pawai bunga itu akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan sampai Alun-Alun Surabaya pada 28 Mei 2022, tepat pukul 15.00 WIB sampai selesai. Rencananya, acara ini akan diikuti oleh 25 mobil hias dan rangkaian pawai budaya oleh komunitas dan Fashion Carnival yang nantinya akan melibatkan UMKM di Jalan Genteng Besar dan Tanjung Anom.
 
“Selanjutnya, pada 29 Mei 2022 akan ada istighosah bersama di Tugu Pahlawan, dan pada 31 Mei 2022 akan ada ruwatan dan pagelaran wayang. Rencananya, juga ada serangkaian Muhibah Jaluar rempah pada 29-31 Mei 2022,” ujarnya.

Wiwiek pun mengajak kepada warga Surabaya dan warga luar Surabaya untuk bersama-sama memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke 729 ini. Namun, ia juga tetap mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti berbagai acara ini. “Jangan sampai ketinggalan eventnya, dan jangan sampai ketinggalan prokesnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Ibu-ibu di Surabaya Was-was Penyebaran Hepatitis Akut

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya