Comscore Tracker

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas Penat

Lepaskan penat dengan sensasi berendam air hangat

Tak akan habis rasanya, jika kita membahas mengenai tempat wisata alam yang ada di Jawa Timur. Salah satu destinasi yang populer dan menjadi incaran wisatawan adalah pemandian air panas.

Tak cuma menikmati pemandangan indah di sekitar pemandian, berendam dengan air panas nyatanya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, juga bisa melepas stres. Berikut 7 Pemandian Air Panas paling populer di Jawa Timur, yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat!

1. Pemandian air panas Cangar

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas PenatPemandian Air Panas Cangar. (instagram.com/jatimpunyacerita)

Pemandian Air Panas Cangar menjadi salah satu tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan. Bukan tanpa alasan, keasrian wilayah yang alami membuat pengunjung lebih nyaman berelaksasi. Tak hanya itu, pemandian air panas yang satu ini juga populer karena khasiatnya yang mampu menyembuhkan penyakit kulit. Kamu bisa berkunjung saat pukul 8 hingga 10 pagi untuk sensasi berendam terbaik di sini.

Lokasi: Kelurahan Tulungrejo, Bumiaji, Malang, Jawa Timur.

Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB

Harga tiket: Rp5 ribu – Rp10 ribu.

2. Pemandian air panas Tirta Husada

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas PenatPemandian Air Panas Tirta Husada. (instagram.com.faddlimuhammad)

Tirta Husada adalah pemandian air panas paling terkenal di wilayah Ponorogo. Pemandian ini menyediakan banyak pilihan kolam yang membuatmu bisa berlama-lama di sini. Wisawatan yang berkunjung ke sini pun bisa berendam sambil menikmati pemandangan persawahan yang menakjubkan di sektarnya. Selain itu, kandungan belerang dalam air panas di sini, dipercaya mampu menyembuhkan infeksi, flu, sakit kepala hingga insomnia.

Lokasi: Jl. Raya Ngebel, Pucuk, Wagir Lor, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo. 

Jam Operasional: 24 jam.

Harga Tiket: Rp10 ribu.

3. Pemandian Gunung Kelud

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas PenatPemandian Air Panas Gunung Kelud. (instagram.com/infokediri)

Setelah lelah mengitari Gunung Kelud, pemandian Air Panas Gunung Kelud kerap kali menjadi pilihan wisatawan untuk relaksasi. Pemandangan indah pegunungan yang ditawarkan, menambah sensasi berendam lebih menarik lagi. Pemandian air panas yang satu ini kerap kali menjadi destinasi wisata favorit bersama keluarga karena selain keindahan alamnya, akses jalan menuju lokasi wisata juga terbilang cukup mudah.

Lokasi: Kawasan wisata Gunung Kelud, Kediri.

Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB

Harga tiket: Rp10 ribu

Baca Juga: 9 Potret Kawah Talaga Bodas, Wisata Pemandian Air Panas di Garut!

4. Pemandian air panas Songgoriti

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas PenatPemandian Air Panas Songgoriti. (instagram.com/yannyratnasari)

Kota Batu merupakan salah satu kota wisata yang digemari wisatawan lokal, bahkan mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Batu adalah Pemandian Air Panas Songgoriti.

Tak hanya berendam di dalam kawasan pemandian air panas yang satu ini juga terdapat Kuil Songgoriti dan Patung Ganesha peninggalan Kerajaaan Singosari. Kekayaan budaya inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Desa Songgokerto, Kabupaten Batu, di bawah lereng bukit Gunung Panderman

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Harga tiket: Rp10 ribu.

5. Pemandian air panas Blawan

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas PenatPemandian Air Panas Blawan. (instagram.com/ijensuperadventure)

Pemandian air panas Blawan menjadi salah satu destinasi wisata wajib ketika kamu berkunjung ke Kawasan Ijen. Letaknya yang tepat berada di jalan menuju Gunung Ijen, membuat pengunjung seringkali mampir untuk melepas kepenatan atau melakukan terapi kesehatan. Pemandian air panas Blawan dilengkapi dengan bilik-bilik personal, sebagai penunjang kenyamanan setiap pengunjungnya.

Lokasi: PTP XII Nusantara Kebun Blawan, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket: Rp10 ribu.

6. Pemandian Air Panas Pacet

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas PenatPemandian Air Panas Pacet. (instagram.com/wisatapacet)

Pemandian air panas Pacet terkenal dengan adanya 3 kolam dengan tingkat suhu yang berbeda-beda. Pemandian air panas yang terletak di kaki Gunung Welirang ini menawarkan fasilitas lain yang sangat beragam, seperti kolam renang dingin, area outbound dan flying fox hingga camping ground. Hal inilah yang membuat tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi dari wisatawan.

Lokasi: Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB

Harga Tiket: Rp15 ribu.

7. Pemandian air panas Banyu Biru

7 Pemandian Air Panas di Jatim, Bisa Banget Buat Melepas PenatPemandian Air Panas Banyu Biru. (instagram.com/nganjukdotcom)

Meski letaknya jauh dari gunung api aktif, Nganjuk juga memiliki destinasi wisata pemandian air panas yang menarik. Sumber air panas yang dinamakan "Banyu Biru" oleh warga ini memiliki 10 tempat berendam. Pemandian air panas Banyu Biru ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, apalagi ketika weekend datang.

Lokasi : Desa GondangWetan, Kecamatan Jatikalen Nganjuk.

Jam Operasional: 24 jam.

Harga tiket : Rp5 ribu-10 ribu.

 

Itulah 7 pemandian air panas yang bisa kamu kunjungi di Jawa Timur untuk melepas penatmu. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ketika berwisata ya!

Baca Juga: 9 Potret Kawah Talaga Bodas, Wisata Pemandian Air Panas di Garut!

Egydia Artamevia Photo Community Writer Egydia Artamevia

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya