Comscore Tracker

Super Manis, 5 Jenis Mangga Unggulan Jatim Ini Wajib Banget Dicoba

Hampir semua jenis mangga ada di Probolinggo

Salah satu buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia adalah buah mangga. Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga, nyatanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Di balik berbagai manfaat yang dikandung itu, buah mangga juga memiliki jenis yang beragam pula. Diketahui terdapat puluhan jenis mangga yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di Jawa Timur.  

Berikut 5 jenis mangga unggulan dari Provinsi Jawa Timur yang wajib kamu coba!

1. Mangga Arumanis 

Super Manis, 5 Jenis Mangga Unggulan Jatim Ini Wajib Banget DicobaMangga Arumanis. (instagram.com/putra_asih)

Mangga arumanis banyak ditemukan di beberapa daerah di Jawa Timur, salah satunya adalah Probolinggo. Mangga arumanis yang juga kerap disebut mangga gadung ini memiliki karakteristik kulit yang tetap hijau, meskipun daging buahnya telah matang.

Di balik kulit hijaunya itu, aroma dari mangga ini sangat harum dan rasa yang diciptakan selalu manis. Itulah mengapa jenis mangga ini disebut sebagai mangga harum manis/arumanis.

2. Mangga Golek 

Super Manis, 5 Jenis Mangga Unggulan Jatim Ini Wajib Banget DicobaMangga Golek. (instagram.com/bibittanamanpremium)

Di Jawa Timur, mangga golek berasal banyak ditemukan di daerah Pasuruan dan Probolinggo. Mangga ini memiliki ukuran yang lebih panjang daripada jenis mangga lain.

Saat matang, daging buah akan berwarna sedikit oranye dan menghasilkan rasa yang manis. Oleh karena itu, mangga ini dinamakan mangga "golek" yang memiliki artian Jawa mencari. Maksudnya adalah, setiap orang akan mencari mangga ini lagi, setelah mencicipi buahnya sekali.

3. Mangga Manalagi 

Super Manis, 5 Jenis Mangga Unggulan Jatim Ini Wajib Banget DicobaMangga manalagi. (instagram.com/buahsae)

Mangga manalagi juga merupakan jenis mangga yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Kulit hijau dengan ukuran buah lebih kecil, menjadi ciri khas yang menggambarkan jenis mangga yang satu ini.

Mangga manalagi memiliki daging buah yang tebal dan rasa yang sangat manis, itulah mengapa mangga ini banyak digemari hingga saat ini.

Baca Juga: Resep Bakpao Mangga, Tekstur Lembut dengan Rasa Segar

4. Mangga Madu 

Super Manis, 5 Jenis Mangga Unggulan Jatim Ini Wajib Banget DicobaMangga Madu. (instagram.com/hokibuah_banyuwangi)

Mangga jenis ini disebut mangga madu karena rasanya selalu manis seperti madu, bahkan saat belum matang sekali pun. Mangga madu biasa dikonsumsi langsung, atau dibuat jus saat sudah matang. Sedangkan saat belum matang akan digunakan sebagai rujak.

Mangga madu juga biasa disebut dengan mangga "lalijiwo" (lupa diri), karena akan membuat setiap orang yang mencicipinya menjadi lupa diri dan ingin tambah lagi.

5. Mangga Alpukat 

Super Manis, 5 Jenis Mangga Unggulan Jatim Ini Wajib Banget DicobaMangga Alpukat. (instagram.com/resepliangel)

Mangga alpukat adalah mangga yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Mangga ini adalah hasil persilangan dari mangga arumanis dan mangga madu, yang berhasil menciptakan bentuk dan cita rasa manis yang khas.

Mangga alpukat menjadi jenis mangga yang memiliki harga relatif mahal, karena pohonnya hanya berbuah ketika berusia 5-6 tahun. Tidak heran jika jenis mangga yang satu ini menjadi incaran masyarakat, karena kelangkaannya. 

 

Itulah tadi 5 jenis mangga unggulan di provinsi Jawa Timur. Kamu sudah pernah mencicipi yang mana nih?

Baca Juga: Resep Mangga Panggang Saus Karamel, Dessert Segar yang Manis!

Egydia Artamevia Photo Community Writer Egydia Artamevia

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya