Comscore Tracker

Sejak Dibuka, Kunjungan ke Jatim Park Naik Hingga 60 Persen  

Kunjungan wisata perlahan mulai normal

Batu, IDN Times - Sektor pariwisata di Kota Batu setelah kembali dibuka mulai bergeliat. Kunjungan wisatawan yang semula nyaris tak ada pada saat awal pandemik COVID-19, kini perlahan mulai kembali normal. Hal itu tentu saja disambut gembira oleh pengelola pariwisata di sekitar kawasan Kota Batu. Salah satunya seperti dirasakan oleh Jatim Park Group yang kembali mulai merasakan peningkatan kunjungan wisatawan. 

1. Peningkatan sudah mencapai 60 persen

Sejak Dibuka, Kunjungan ke Jatim Park Naik Hingga 60 Persen  Koleksi Harimau Sumatera yang ada di Secreet Zoo Jatim Park 2. IDN Times/ Alfi Ramadana

Marketing dan Public Relation Manager Jatim Park Group, Titik S Aryanto menyampaikan bahwa sejauh ini peningkatan jumlah kunjungan khususnya di wahana wisata Jatim Park Group sangat signifikan. Setidaknya jika dirata-rata, sejak kembali dibuka empat bulan terakhir, peningkatan kunjungan sudah mencapai 60 persen. Kondisi tersebut tentu merupakan hal yang positif sekaligus juga menjadikan pengelola harus lebih waspada demi mencegah agar tak muncul klaster wisata. 

"Saat mulai dibuka lagi, awalnya rataan pengunjung hanya kisaran 150 orang saja. Saat ini pengunjung sudah mencapai 250 orang," paparnya Rabu (7/10/2020).  

2. Siapkan berbagai diskon untuk tarik pengunjung

Sejak Dibuka, Kunjungan ke Jatim Park Naik Hingga 60 Persen  Wisatawan harus melewati area penyemprotan disinfektan sebelum masuk ke kawasan wisata Secreet Zoo, Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Peningkatan kunjungan tersebut tidak begitu saja terjadi. Berbagai upaya dilakukan pengelola Jatim Park Group untuk menggenjot kunjungan. Tak bisa dimungkiri, pandemik COVID-19 yang berkepanjangan memang berdampak pada perekonomian masyaramat secara umum. Hal itu mengakibatkan daya beli masyarakat juga semakin menurun karena tak sedikit dari mereka yang terdampak dan bahkan harus kehilangan pekerjaan. Untuk itu, pengelola Jatim Park Group berupayaenarik wisatawan dengan memberikan berbagai macam diskon. 

"Diskon yang kami berikan sebesar 20 hingga 30 persen. Hal itu cukup efektif menggenjot peningkatan kunjungan meskipun belum signifikan," tambahnya. 

3. Masih tetap batasi jumlah kunjungan

Sejak Dibuka, Kunjungan ke Jatim Park Naik Hingga 60 Persen  Hari pertama kembali beroperasi masih belum terlalu banyak wisatawan yang datang ke Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun kunjungan mengalami peningkatan, Titik mengaku masih belum bisa membuka secara penuh. Kunjungan masih tetap dibatasi hingga maksimal 50 persen dari kapasitas tiap wahana yang tersedia. Hal itu dilakukan untuk menjaga agar tetap tersedia ruang bagi pengunjung untuk menjaga jarak aman. Kendati demikian, manajemen Jatim Park Group tak mematok target untuk kenaikan jumlah kunjungan. 

"Kondisinya memang tidak memungkinkan. Maka dari itu kami tidak patok target untuk kunjungan wisatawan. Terpenting saat ini bisa buka dulu," sambungnya. 

Baca Juga: Hari Harimau Sedunia, Jatim Park 2 Buka Satu Wahana Baru   

4. Tetap terapkan standar protokol pencegaham COVID-19

Sejak Dibuka, Kunjungan ke Jatim Park Naik Hingga 60 Persen  Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat sidak kesiapan Jatim Park 3 jelang buka kembali. IDN Times/ Alfi Ramadana

Titik juga menegaskan mengakui bahwa pihaknya tetap menerapkan standar pencegahan COVID-19. Para wisatawan juga diminta untuk memenuhi syarat sesuai standar COVID-19 untuk bisa masuk ke area wisata. Paling tidak syarat minimal yang wajib dipenuhi adalah menerapkan 3M, yakni mencuci tangan memakai masker dan menjaga jarak. 

"Kami juga tetap terapkan 3M untuk pencegahan. Agar tak muncul klaster pariwisata," tandasnya. 

Baca Juga: Wisata Jatim Park 3 Malang: Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuknya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya