Comscore Tracker

Rolak, Destinasi Wisata Kampung Tematik  Baru di Kota Malang

Kampung Rolak jadi alternatif wisata kampung tematik

Malang, IDN Times - Kota Malang kembali memiliki destinasi wisata alternatif baru yang menarik. Destinasi wisata alternatif tersebut adalah Kampung Wisata Rolak. Kampung tematik yang dikembangkan menjadi kampung wisata ini berada di kawasan RW 3 Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang. Keberadaan Kampung Wisata Rolak tak lepas dari peran serta Kelompok Sadar Wisata yang turut andil dalam pengembangan Kampung Wisata Rolak. 

Baca Juga: 6 Hotel Kapsul di Malang yang Nyaman dan Instagramable, Murah Meriah

1. Dahulu merupakan tempat urugan pasir katel

Rolak, Destinasi Wisata Kampung Tematik  Baru di Kota MalangDok/ Humas Pemkot

Sebelum berubah menjadi Kampung Wisata Rolak, daerah tersebut merupakan area tersebut dulunya merupakan penempatan urugan pasir katel. Namun setelah mendapatkan persetujuan pengelolaan dari Dinas Pengairan Provinsi Jatim, kini oleh warga RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Malang, disulap menjadi lokasi wisata.

2. Tingkatkan perekonomian warga

Rolak, Destinasi Wisata Kampung Tematik  Baru di Kota MalangDok/ Humas Pemkot

Perubahan kampung tersebut menjadi area wisata tentu memiliki dampak pada lingkungan sekitar. Terutama untuk sektor perekonomian warga sekitar. Paling tidak kini keberadaan kampung wisata tersebut menjadi tambahan pemasukan bagi para warga. 

"Dengan begini, selain kampung ini akan menjadi lebih bersih; perekonomian masyarakat sekitar juga akan meningkat" ujar Wali Kota Malang, Sutiaji.

3. Jaga kebersihan sungai

Rolak, Destinasi Wisata Kampung Tematik  Baru di Kota MalangDok/ Humas Pemkot

Lebih jauh, Sutiaji menjelaskan bahwa untuk bisa merawat kampung wisata bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi Kampung Wisata Rolak sendiri terletak di atas sungai Amprong. Tentunya untuk bisa menarik wisatawan berkunjung diperlukan perawatan sungai yang tidak sebentar. Hal itu membutuhkan komitmen dari masyarakat. 

"Kebersihan sungai ini menjadi salah satu daya tarik utama di lokasi wisata Rolak," imbuhnya. 

 

4. Jadi ikon wisata baru

Rolak, Destinasi Wisata Kampung Tematik  Baru di Kota MalangDok/ Humas Pemkot

Sementara itu, Handono, Ketua Pokdarwis Rolakku Indah Kedungkandang berharap agar Kampung Wisata Rolak dapat menjadi salah satu ikon wisata di Kota Malang.

"Kami sangat berharap dukungan langsung dari Walikota Malang beserta jajarannya demi kemajuan dan eksistensi Kampung Wisata Rolak" tandas Handono.

Baca Juga: Di Malang, Bungkus Obat Gunakan Huruf Braille

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You