Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper Chelsea

Ia akan mengisi slot pemain ASEAN di Singo Edan

Arema FC akhirnya mengumumkan perekrutan pemain asing keenam pada musim 2023/2024. Mereka mendatangkan pemain asal Filipina berdarah Inggris, Julian Schwarzer. Ia merupakan seorang anak dari mantan kiper yang sempat sukses di Eropa.

Serupa dengan sang ayah, Julian Schwarzer sendiri biasa tampil sebagai kiper. Eks jebolan akademi Fulham ini akan mengisi slot kiper Arema FC pada 2023/2024. Schwarzer akan bersaing dengan tiga kiper Singo Edan, seperti Teguh Amiruddin, Adixi Lenzivio, dan Dicki Agung.

Untuk mengenal lebih jauh, simak profil Julian Schwarzer berikut ini.

1. Seorang anak dari mantan kiper Chelsea hingga Leicester City

Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper ChelseaJulian Schwarzer (instagram.com/julianschwarzergarcia)

Julian Schwarzer merupakan anak dari mantan kiper yang pernah berprestasi di Eropa. Pemuda 23 tahun ini adalah anak dari Mark Schwarzer. Kiper berdarah Australia yang pernah membawa dua klub Inggris, Chelsea dan Leicester City, juara.

Mark Schwarzer meraih juara Piala Liga Inggris 2015 (Chelsea) dan juara Liga Inggris 2016 (Leicester City). Tak hanya itu, Kiper yang kini telah pensiun itu juga punya catatan karier yang cukup mentereng di Inggris. Ia pernah membela klub ternama lain, seperti Fulham dan Middlesbrough.

2. Memulai debut sebagai kiper profesional di Inggris

Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper ChelseaJulian Schwarzer (instagram.com/julianschwarzergarcia)

Julian Schwarzer memulai karier sebagai kiper profesional di Inggris. Pemain setinggi 181 cm ini memulainya bersama Fulham U-18 pada 2018. Lalu sempat naik level membela Fulham U-21 pada 2020.

Diketahui, Schwarzer tercatat pernah berkiprah di dua kompetisi berbeda Inggris. Ia sempat merumput di Liga Inggris U-18 dan Liga Primer Inggris 2. Namun, karier Schwarzer tak berkembang di sana.

Baca Juga: Pelatih Arema FC Pusing Semua Pemain Asingnya Cedera

3. Melanjutkan karier di Asia sekaligus pindah kewarganegaraan sejak 2022

Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper ChelseaJulian Schwarzer (instagram.com/julianschwarzergarcia)

Julian Schwarzer membuat keputusan besar pada 2022. Ia memilih pindah kewarganegaraan melalui proses naturalisasi. Pemain asli kelahiran Inggris ini memilih negara Asia Tenggara, Filipina, sebagai negara barunya.

Sejak saat itu, karier Schwarzer pun ikut berubah. Pemain yang telah mengoleksi tiga caps bersama Timnas Filipina ini lebih sering merumput di Asia Tenggara. Sejauh ini, Schwarzer pernah menjajaki Liga Filipina, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia.

4. Sempat berkarier di Malaysia, lalu hijrah ke Indonesia pada 2023/2024

Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper ChelseaJulian Schwarzer (dok. instagram/aremafcofficial)

Julian Schwarzer memulai debutnya di Liga Filipina bersama Azkals Development Team pada 2022/2023. Tak berselang lama, ia hijrah ke Liga Malaysia membela Kuching City pada musim yang sama. Namun, kiprahnya hanya sebagai figuran di sana.

Alhasil, Schwarzer memutuskan pergi ke Indonesia pada 2023/2024. Ia menerima tawaran kontrak klub jempolan asal Jawa Timur, Arema FC. Ini sekaligus akan menjadi pengalaman barunya merasakan atmosfer di kompetisi sepak bola Indonesia.

Kedatangan Julian Schwarzer diprediksi akan mengisi slot kiper utama Arema FC di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Ini disebabkan Singo Edan tak memiliki kiper yang impresif sejauh ini. Akankah Schwarzer mampu menjawab kepercayaan yang telah diberikan oleh Arema?

Baca Juga: 'Derby Bali' Arema FC vs Bali United, Siapa Unggul?

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya