Berpisah, Ini Perjalanan Karier Seiya Da Costa Selama di Arema FC

Ia merupakan pemain naturalisasi Indonesia asal Jepang

Arema FC baru saja kehilangan salah satu pemain mudanya saat mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Ia adalah Seiya Da Costa Lay. Pemain naturalisasi berusia 21 tahun yang merupakan pemain jebolan akademi Arema sendiri.

Singo Edan mengumumkan kepergian Seiya Da Costa tepat, pada Rabu (11/7/2023). Dilansir situs Arema FC, klub memberi informasi bahwa pemain berdarah Jepang itu pergi atas kehendak pribadi. Seiya melakukannya juga karena ada kepentingan keluarga.

Dengan demikian, Arema dipastikan tak akan menjalin kerja sama lagi dengan Seiya ke depannya. Sang pemain sendiri diketahui lama membela Arema. Ia mengawali karier profesional sejak 2020. Lantas, seperti apa kiprah Seiya Da Costa selama di Arema?

1. Jebolan akademi Arema FC

Berpisah, Ini Perjalanan Karier Seiya Da Costa Selama di Arema FCSeiya Da Costa Lay (instagram.com/aremafcofficial)

Seiya Da Costa mengawali karier sepak bola di akademi Arema FC pada 2019. Pemain kelahiran 30 September 2001 asal Hiroshima itu mengenyam pendidikan selama 1 musim di sana. Perkembangan Seiya tampak bagus bersama tim junior Arema. Alhasil, dengan ketekunannya, sang pemain diangkat kedudukannya dengan menembus tim senior Singo Edan pada 2020.

2. Belum mampu menembus skuad utama Arema FC sepanjang kariernya

Berpisah, Ini Perjalanan Karier Seiya Da Costa Selama di Arema FCSeiya Da Costa Lay (instagram.com/aremafcofficial)

Seiya Da Costa cukup lama bertahan di tim senior Arema FC. Ia terhitung telah menghabiskan kurun waktu 4 musim bersama Singo Edan, sejak 2019/2020—2022/2023. Hanya saja, Seiya belum menorehkan statistik yang apik selama di Arema. Ia kerap mengisi bangku cadangan.

Hal itu wajar terjadi. Sebab, Arema memiliki sejumlah pemain berposisi sebagai gelandang yang impresif, seperti Jayus Hariono, Evan Dimas, dan Muhammad Rafli. Peran mereka serupa dengan peran Seiya. Dari situ, tampak jika Seiya Da Costa kalah bersaing dengan beberapa pemain jempolan Arema.

3. Mengundurkan diri dari Arema FC pada 2023

Berpisah, Ini Perjalanan Karier Seiya Da Costa Selama di Arema FCSeiya Da Costa Lay (instagram.com/aremafcofficial)

Seiya Da Costa membuat keputusan besar pada 2023. Ia memutuskan tak melanjutkan karier bersama Arema FC. Ini terjadi atas kemauan sang pemain sendiri. Seiya ingin pulang kampung ke Jepang karena ada kepentingan keluarga.

Dilansir laman Arema FC, Seiya Da Costa sendiri mengundurkan diri dari Singo Edan karena alasan pribadi. Sang pemain memiliki urusan yang membuatnya harus tinggal di Jepang. Dengan begitu, Seiya tak menjadi bagian dari Arema lagi kala mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Baca Juga: Arema FC Mengincar Kiper asal Thailand

4. Arema FC jadi satu-satunya klub yang pernah dibela sepanjang karier

Berpisah, Ini Perjalanan Karier Seiya Da Costa Selama di Arema FCSeiya Da Costa Lay (instagram.com/aremafcofficial)

Atas keputusan mutlaknya, Seiya Da Costa menjadikan Arema FC sebagai satu-satunya klub yang pernah ia bela sepanjang karier. Ini bisa jadi salah satu alasan sang pemain pergi dari Singo Edan pada 2023.

Mungkin saja, Seiya ingin mencari tantangan baru dengan memperkuat klub lain. Bahkan, melalui akun instagram resmi klub, Arema mengumumkan jika Seiya Da Costa kemungkinan akan melanjutkan karier di Jepang.

Seiya Da Costa sempat digadang-gadang akan menjadi bintang baru di Arema FC pada masa yang akan mendatang. Namun, Hal itu sirna usai sang pemain memilih pergi dari Arema pada 2023. Akankah Singo Edan mencari pemain baru guna menggantikan posisi Seiya ke depannya?

Baca Juga: Satu Pemain Arema FC Mengundurkan Diri

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya