Laga Pekan 11, Konsistensi Persebaya Diuji Hadapi Borneo FC

Bajol Ijo sering kesulitan menang lawan Borneo

Persebaya Surabaya bakal melakoni laga sulit dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka bertemu tim papan atas, Borneo FC, pada pekan ke-11. Pertandingan Persebaya dan Borneo nantinya dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/9/2023) pukul 15.00 sore WIB.

Konsistensi Persebaya bakal diuji menghadapi Borneo. Ini disebabkan mereka akan bertemu tim tangguh setelah mengemas hasil positif dalam empat laga beruntun. Bajol Ijo seharusnya kembali bisa melanjutkan rekor tak terkalahkan melawan Borneo. Ini terjadi lantaran Persebaya lebih diuntungkan karena bermain di kandang sendiri nantinya. 

Namun, sebelum menebak siapa pemenangnya, simak dulu preview jelang laga Persebaya dan Borneo berikut ini.

Baca Juga: Jadwal Arema FC Bulan September 2023, Jumpa Persebaya!

1. Persebaya kehilangan pemain krusial di jantung pertahanan

Laga Pekan 11, Konsistensi Persebaya Diuji Hadapi Borneo FCDusan Stevanovic (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya diterpa kabar kurang baik jelang laga menghadapi Borneo FC pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024. Mereka kehilangan satu palang pintu tangguhnya yang bernama Dusan Stevanovic. Bek berusia 27 tahun asal Serbia yang tangguh di lini pertahanan Bajol Ijo sejauh ini.

Sang pemain sendiri absen karena mengalami cedera pada laga terakhir kontra PSS Sleman (pekan 10). Dikutip Liga Indonesia Baru, Stevanovic menderita permasalahan tendon archiles di kaki kiri. Selain itu, Persebaya juga kehilangan satu pemain lagi jelang menjamu Borneo. Ia adalah Toni Firmansyah. Pemain yang mengalami cedera patah tulang selangka fraktur clavicula di sebelah kiri.

2. Skuad berlabel timnas, Persebaya waspadai materi pemain Borneo FC

Laga Pekan 11, Konsistensi Persebaya Diuji Hadapi Borneo FCPersebaya Surabaya saat menghadapi Persita Tangerang pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya benar-benar menatap laga Borneo FC dengan serius pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024. Sebab, skuad kedalaman yang dimiliki calon lawan terbilang istimewa. Borneo dihuni oleh banyak pemain berlabel Timnas Indonesia.

Ada setidaknya tujuh pemain yang di maksud. Mereka adalah Nadeo Arga Winata, Stefano Lilipaly, Adam Alis, Komang Teguh, Fajar Fathur Rachman, Daffa Fasya, dan Muhammad Taufany. Keberadaan mereka jelas menjadi ancaman bagi Persebaya.

Kendati begitu, Bajol Ijo merasa tak gentar saat menghadapi skuad apik Borneo. Mereka sudah mengantisipasinya dengan strategi yang diracik Uston Nawawi sebagai pelatih caretaker. Persebaya tetap bertekad melanjutkan tren positifnya kala bersua Borneo.

3. Borneo FC konsisten selama 10 pekan, tangguh!

Laga Pekan 11, Konsistensi Persebaya Diuji Hadapi Borneo FCBorneo FC saat menghadapi Bali United pada putaran pertama di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/borneofc.id)

Di sisi lain, Boneo FC sedang dalam grafik penampilan stabil jelang melawat ke markas Persebaya Surabaya (pekan 11). Mereka hanya menderita 1 kekalahan dari 10 laga. Hal itu jelas menjadi bekal berharga bagi tim berjuluk Pesut Etam ini.

Bahkan, Borneo tak terkalahkan dalam 7 laga dengan catatan 4 menang dan 3 seri di Liga 1 2023/2024. Mereka juga mendulang 3 kemenangan beruntun dari 3 laga terakhir. Capaian itu bikin Borneo menempel ketat Madura United di puncak klasemen sementara. Pesut Etam bertengger di peringkat ke-2 dengan 19 poin.

4. Borneo FC unggul dalam statistik pertemuan

Laga Pekan 11, Konsistensi Persebaya Diuji Hadapi Borneo FCBorneo FC saat menghadapi Bali United pada putaran pertama di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/borneofc.id)

Borneo FC mengantongi bekal lain jelang manantang Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024. Mereka unggul dalam rekor head to head. Pesut Etam mendominasi Persebaya dalam lima pertemuan terakhir.

Rinciannya, Borneo berhasil mengalahkan Persebaya sebanyak 3 laga dari 5 pertemuan. Sementara Bajol Ijo baru mengemas 1 kemenangan dan 1 laga lainnya berakhir imbang. Itu tentu menjadi motivasi Borneo menjajal kekuatan Persebaya pada musim ini.

 

Laga kontra Borneo FC menjadi laga terakhir Persebaya Surabaya bersama Uston Nawawi. Sebab, sang pelatih caretaker itu hanya diberi tugas menangani Bajol Ijo hingga September 2023. Mampukah Persebaya kembali melanjutkan rekor tak terkalahkan bareng Nawawi dalam laga menjamu Borneo?

Baca Juga: 5 Catatan Laga Persebaya Vs PSS, Sama-sama Meroket!

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya