5 Catatan Laga Persebaya Vs PSS, Sama-sama Meroket!

Bajol Ijo memiliki kekurangan meski tengah meningkat

Liga 1 Indonesia 2023/2024 sudah memasuki pekan ke-10. Ada beberapa pertandingan lanjutan yang akan dihelat nantinya. Salah satunya ada laga antara Persebaya Surabaya versus PSS Sleman. Pertandingan kedua tim akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (26/8/2023) pukul 15.00 WIB.

Pertemuan Persebaya dan PSS sendiri dipastikan akan berlangsung menarik. Bukan tanpa alasan, ini karena keduanya tengah berada dalam performa menanjak. Mereka sama-sama memenangi tiga laga terakhir di Liga 1 musim ini. Yang menjadi pertanyaan, siapakah yang akan melanjutkan rekor kemenangan itu saat Persebaya dan PSS berjumpa nantinya?

Sebelum menyaksikan duel mereka, simak 5 catatan jelang laga Persebaya dan PSS di bawah ini!

1. Persebaya dan PSS impresif dalam 3 laga terakhir

5 Catatan Laga Persebaya Vs PSS, Sama-sama Meroket!Persebaya Surabaya saat menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya dan PSS Sleman diketahui belum terkalahkan dalam tiga laga terakhir Liga 1 2023/2024. Lebih hebatnya, mereka sama-sama mendulang kemenangan beruntun. Persebaya dan PSS membukukan statistik 3 hasil menang dari 3 laga. 

Diketahui, Persebaya berhasil menumbangkan beberapa tim, seperti Bhayangkara FC, Persita, dan PSM Makassar. Di lain sisi, PSS mengalahkan Persikabo 1973, Bhayangkara FC, dan Persita. Kedua klub sendiri pastinya mengusung ambisi menang kala berhadapan pada pekan ke-10 di Liga 1 2023/2024.

Baca Juga: Uston Boyong 22 Pemain ke Sleman, Persebaya Siap Tempur

2. Raih kemenangan Beruntun, Persebaya masih memiliki kekurangan

5 Catatan Laga Persebaya Vs PSS, Sama-sama Meroket!Persebaya Surabaya saat menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya berhasil membukukan tiga kemenangan beruntun di Liga 1 2023/2024. Paling baru, mereka sukses menggilas PSM Makassar dengan skor 1-0 pada pada pekan ke-9. Itu menjadi capaian terbaik Bajol Ijo pada awal kompetisi musim ini. 

Persebaya sendiri masih memiliki kekurangan sejauh ini. Dilansir Liga Indonesia Baru, Uston Nawawi sebagai kepala pelatih mengatakan jika lini pertahanan belum tampil optimal. Itu terbukti usai pertahanan Bajol Ijo kerap kecolongan pada laga terakhir melawan PSM Makassar (pekan 9). Meski kala itu tak kebobolan, Nawawi tetap berupaya memperbaiki kekurangan itu ke depannya.

3. Era Uston Nawawi, Andre Oktaviansyah starter 3 laga beruntun

5 Catatan Laga Persebaya Vs PSS, Sama-sama Meroket!Andre Oktaviansyah (instagram.com/andreoktvn7)

Uston Nawawi memberikan perubahan besar bagi Persebaya Surabaya pada 2023/2024. Hal ini karena pelatih caretaker itu sukses mengangkat mental Bajol Ijo usai memenangi tiga laga terakhir Liga 1 musim ini. Padahal, Bajol Ijo sempat terpuruk pada awal musim sebelumnya.

Ada beberapa perubahan yang diterapkan Uston Nawawi saat menukangi Persebaya sejauh ini. Salah satunya perubahan di lini tengah. Itu tampak setelah gelandang lokal, Andre Oktaviansyah, selalu mengisi starter dalam tiga laga terakhir Persebaya di Liga 1 2023/2024.

Andre sejauh ini dipasangkan dengan dua gelandang jempolan Persebaya, yakni Sho Yamamoto dan Song Ui-young. Ketiganya dominan mengisi lini tengah Persebaya. Diketahui, keberadaan mereka menggeser dua gelandang Persebaya sebelumnya, Alwi Slamat dan Ripal Wahyudi.

4. Persebaya tak diperkuat Paulo Victor lawan PSS

5 Catatan Laga Persebaya Vs PSS, Sama-sama Meroket!Paulo Victor (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya sayang harus kehilangan salah satu pemain asingnya jelang menantang PSS Sleman di Liga 1 2023/2024 pekan ke-10. Ia adalah Paulo Victor, striker andalan Bajol Ijo. Striker berdarah Brasil itu harus absen lantaran cedera.

Dikutip Persebaya, Paulo Victor diketahui mengalami cedera strain grade satu. Cederanya tak begitu parah. Namun, sesuai saran tim dokter, sang pemain tetap harus istirahat untuk beberapa waktu. Persebaya pun tak memaksakan Victor tampil saat bersua PSS. Kemungkinan besar, Bajol Ijo kembali mengandalkannya saat berjumpa Borneo FC (pekan 11) mendatang.

5. PSS siapkan taktik berbeda hadapi Persebaya

5 Catatan Laga Persebaya Vs PSS, Sama-sama Meroket!PSS Sleman saat menghadapi Bhayangkara FC pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/pssleman)

Serupa dengan Persebaya Surabaya, PSS Sleman pun berada dalam performa positif. Mereka sukses mendulang kemenangan dalam tiga laga terakhir di Liga 1 2023/2024. Terbaru, PSS sukses memecundangi Persikabo 1973 dengan skor 3-2 pada pekan ke-9.

PSS sendiri sudah menyiapkan strategi khusus ketika menjamu Persebaya pada pekan ke-10. Mereka melakukannya demi menjaga tren positif yang sudah diraih sejauh ini. PSS ingin meraup tiga poin sempurna saat melakoni laga kontra Persebaya di kandang sendiri selanjutnya.

Persebaya Surabaya diketahui akan membawa 22 pemain saat menantang PSS Sleman pada pekan ke-10. Ada lima pemain asing yang mereka bawa, seperti Bruno Moreira, Sho Yamamoto, Ze Valente, Song Ui-young, dan Dusan Stevanovic. Mampukah mereka membawa Persebaya menang atas PSS nantinya?

Baca Juga: 4 Pemain Persebaya yang Dipinjamkan ke Persikab

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya