5 Fakta Laga Klasik Persebaya Vs Persib di Liga 1

Duel tim yang kompak bersaing di papan atas klasemen

Pertandingan klasik era perserikatan bakal tersaji di Liga 1 Indonesia 2023/2024 pekan ke-15. Duel itu mempertemukan Persebaya Surabaya versus Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo. Pertemuan kedua klub akan dihelat pada Sabtu (7/10/2023) pukul 15.00 WIB.

Pertandingan Persebaya dan Persib pasti selalu menghadirkan laga yang menarik untuk disaksikan. Bukan tanpa sebab, itu karena keduanya memiliki nama dan sejarah besar di sepak bola Indonesia. Belum lagi, skuad kedalaman Persebaya dan Persib yang kerap dihiasi pemain-pemain bintang. Pertandingan mereka pasti begitu dinanti-nantikan publik.

1. Dua laga tak terkalahkan, Persebaya tak gentar hadapi Persib

5 Fakta Laga Klasik Persebaya Vs Persib di Liga 1Persebaya saat menghadapi Persib di Liga 1 Indonesia 2022/2023 putaran kedua. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya mendulang hasil pertandingan lumayan apik dalam beberapa laga terakhir di Liga 1 2023/2024. Mereka setidaknya belum terkalahkan dalam dua laga sejak ditangani pelatih baru. Bajol Ijo menang 3-1 atas Arema FC (pekan 13) lalu imbang 1-1 kontra Dewa United (pekan 14).

Statistik tersebut pastinya menjadi modal berharga Persebaya kala menjamu Persib pada pekan ke-15 di Liga 1 musim ini. Bajol Ijo sendiri tak takut menghadapi skuad bintang yang dimiliki calon lawan. Itu disebabkan Persebaya juga ingin meraup hasil apik demi bersaing di papan atas klasemen.

Saat ini, jarak posisi Persebaya dan Persib diketahui berdekatan di papan klasemen sementara Liga 1. Persebaya berada di peringkat ke-6 dengan 22 poin sedangkan Persib di peringkat ke-3 dengan 24 poin, berselisih 2 poin saja. Sehingga, jika Bajol ijo memenangi laga kontra Persib, maka peringkat mereka langsung meroket ke atas nantinya.

Baca Juga: Jelang Lawan Persib, Pelatih Persebaya Sorot Fisik Pemain

2. Arief Catur absen, Gombau tak mau mengambil pusing

5 Fakta Laga Klasik Persebaya Vs Persib di Liga 1Arief Catur Pamungkas (instagram.com/officialpersebaya)

Sayang, Persebaya kehilangan satu pemain andalan saat menjamu Persib di Liga 1 2023/2024 pekan ke-15. Ia bernama Arief Catur Pamungkas, bek sayap kanan yang tengah impresif. Sang pemain absen karena terkena hukuman kartu merah pada laga terakhir melawan Dewa United.

Meski begitu, pelatih Persebaya, Josep Gombau tak mau mengambil pusing atas hal ini. Itu karena Bajol Ijo memiliki beberapa pengganti yang tak kalah apiknya. Mereka di antaranya Riswan Lauhin, Nuri Fasya, dan George Brown.

Teruntuk Riswan, ia diiunggulkan jadi pengganti utama Arief Catur dalam laga kontra Persib. "Riswan bermain bagus pada babak kedua menghadapi Dewa United. Kami akan mempertimbangkannya dalam laga melawan Persib esok," kata Josep Gombau di situs Persebaya.

3. Ernando Ari siap main menghadapi Persib

5 Fakta Laga Klasik Persebaya Vs Persib di Liga 1Ernando Ari (instagram.com/officialpersebaya)

Walau tanpa Arief Catur Pamungkas, untungnya Persebaya kembali diperkuat Ernando Ari ketika melawan Persib. Kehadiran kiper asli Semarang itu jelas menjadi harapan baru bagi Bajol Ijo. Sebab, Ernando berhasil tampil mengesankan di bawah mistar gawang Persebaya dalam beberapa musim terakhir. Ia diplot sebagai kiper utama.

Sebelumnya, Persebaya harus merelakan kepergian Ernando karena menjalankan tugas negara. Sang kiper memperkuat Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2022 yang digelar di China. Namun, karena Garuda Muda gagal melaju ke fase yang lebih jauh, mereka pun harus pulang lebih cepat.

4. Mantan bomber moncer, Persebaya merasa cemas?

5 Fakta Laga Klasik Persebaya Vs Persib di Liga 1David da Silva (tengah) dalam laga Persib menghadapi Persita di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/persib)

Persebaya dipastikan menatap laga yang sulit menghadapi Persib di Liga 1 2023/2024 pekan ke-15. Selain skuad mewah, itu juga disebabkan grafik performa calon lawan yang meningkat. Persib tak terkalahkan dalam 5 laga beruntun dengan 4 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Berkaca pada laga terbaru, Persib baru saja membantai Persita Tangerang dengan skor 5-0. Bomber Persib, David da Silva, menjadi bintang usai mengemas hattrick dalam laga itu. Keberadaan striker asal Brasil itu pasti menjadi momok tersendiri bagi Persebaya ketika saling berhadapan pada pekan berikutnya.

5. Persib berupaya konsisten lawan Persebaya demi asa juara

5 Fakta Laga Klasik Persebaya Vs Persib di Liga 1Persib saat menghadapi Persita di Liga 1 Indonesia 2023/2024 putaran pertama. (instagram.com/persib)

Persib sendiri mengusung ambisi tinggi meski bermain di laga tandang melawan Persebaya di Liga 1 2023/2024 pekan ke-15. Mereka bertekad menang demi menjaga asa menjuarai liga. Maka dari itu, Persib sudah mempersipakan hal itu dalam laga menghadapi Persebaya nanti.

Persib merasa jika konsisten menjadi kunci utama dalam menggapai harapan juara yang diinginkan. Mereka tak mustahil bisa melakukannya karena akan dilengkapi dengan skuad yang lebih kuat dari sebelumnya. Bertandang ke Surabaya, dua pemain Persib yang sempat absen usai membela timnas telah kembali, yakni Rachmat Irianto dan Robi Darwis.

Persebaya Surabaya memiliki kenangan buruk ketika menghadapi Persib Bandung di Liga 1 2022/2023. Bajol Ijo tak pernah menang pada musim lalu. Mereka diketahui kalah 1-2 pada pertemuan pertama dan meraup imbang 1-1 pada pertemuan kedua. Mampukah Persebaya memperbaiki catatan pertemuan atas Persib itu pada 2023/2024 ini?

Baca Juga: Laga Persebaya Vs Persib Masih Diizinkan di GBT Surabaya 

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya