5 Catatan Jelang Persik Kediri vs Persis Solo di Pekan ke-17

Performa Macan Putih sedikit membaik

Persik Kediri bakal kembali melanjutkan laga terakhir putaran pertama di pekan 17 Liga 1 Indonesia 2022/2023. Macan Putih dipastikan bertemu Persis Solo di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (24/12/2022) pukul 18.00 WIB.

Sulit menebak siapa yang bakal menjadi pemenang dalam laga Persik versus Persis di Liga 1 mendatang. Apalagi, kedua klub juga sama-sama meraih hasil yang kurang optimal pada laga terakhir. Persik dan Persis bermain imbang di pekan 16 lalu.

1. Grafik Persik cukup meningkat

5 Catatan Jelang Persik Kediri vs Persis Solo di Pekan ke-17Persik Kediri saat meraih kemenangan atas Dewa United di pekan 15 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/persikfcofficial)

Persik bisa dibilang memiliki modal kepercayaan diri lebih saat bertemu Persis di pekan 17 Liga 1 2022/2023. Pasalnya, Macan Putih berhasil menorehkan catatan statistik yang cukup meningkat belakangan.

Persik diketahui mendulang 1 menang, 3 seri, 1 kalah dalam 5 laga terakhir di Liga 1. Hebatnya, mereka belum kalah dalam empat laga terakhir. Rekor cukup apik itu sekaligus memutus rekor buruk Persik selama ini. Mereka sempat jadi satu-satunya tim yang belum pernah menang sama sekali.

Baca Juga: Persik Kediri Buru Kemenangan Kedua saat Lawan Persis Solo

2. Menahan laju dua klub besar Liga 1

5 Catatan Jelang Persik Kediri vs Persis Solo di Pekan ke-17Duel antar pemain dalam laga Persebaya Surabaya vs Persik Kediri di pekan ke-14 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Hal lain yang mendukung performa Persik kian meningkat di Liga 1 2022/2023 adalah keberhasilan mereka saat menggagalkan laju dua klub besar. Macan Putih diketahui sempat menahan imbang Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya sebelumnya.

Hal tersebut bisa dikatakan sebagai pencapaian yang hebat mengingat statistik buruk Persik di Liga 1 selama ini. Grafik cukup meningkat Persik ini pastinya juga menjadi peringatan bagi Persis Solo kala bertemu di pekan 17 nanti. Macan Putih makin menjelaskan bahwa mereka mulai berbenah

3. Pemain asing Persik belum optimal

5 Catatan Jelang Persik Kediri vs Persis Solo di Pekan ke-17Renan Silva sebagai pemain tersubur Persik Kediri di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/persikfcofficial)

Meski menuai statistik performa yang cukup meningkat, Persik sayangnya masih memiliki beberapa kelemahan di Liga 1 2022/2023. Salah satu kelemahan itu adalah belum optimalnya kontribusi tiga pemain asing mereka.

Tiga pemain asing yang di maksud seperti Arthur Felix Silva, Joanderson de Jesus Assis, hingga Rohit Chand. Mereka semua bertanggung jawab atas buruknya statistik jumlah gol Persik. Macan Putih kini hanya mencetak sembilan gol.

Jumlah keseluruhan gol Persik tersebut jadi yang paling buruk di Liga 1. Sejauh ini, hanya Rennan Silva yang berjasa besar bagi Persik. Striker asal Brasil itu menjadi mesin gol dengan torehan 3 gol dari 16 laga yang sudah dilakoni. 

4. Persik berpeluang mencuri poin dari Persis

5 Catatan Jelang Persik Kediri vs Persis Solo di Pekan ke-17Persis Solo saat menjamu Persebaya Surabaya di pekan 16 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/persisofficial)

Persik dinilai dapat mencuri poin saat bersua Persis di pekan 17 Liga 1 2022/2023. Bukan tanpa alasan, hal ini lantaran klub asal Solo itu tampil dengan grafik yang cukup merosot belakangan.

Dalam 5 laga terakhir, Persis hanya meraih 1 kemenangan, 2 seri, 2 kalah di Liga 1 2022/2023. Hasil cukup menurun itu membuat meraka terancam masuk ke zona degradasi. Mereka saat ini berada di peringkat ke-13 dengan kumpulan 16 poin.

5. Alexis Messidoro otak permainan Persis

5 Catatan Jelang Persik Kediri vs Persis Solo di Pekan ke-17Alexis Messidoro sebagai pemain asing andalan Persis Solo di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/persisofficial)

Persik harus mematikan salah satu langkah pemain kunci Persis, Alexis Nahuel Messidoro, jika ingin mendulang hasil yang maksimal. Hal inu terjadi karena pemain asing dari Argentina tersebut selalu jadi otak permainan Persis di Liga 1 2022/2023.

Hingga pekan 16, Alexis Nahuel Messidoro telah berkontribusi besar dengan mencetak 2 gol dan 5 assist di Liga 1. Ia juga sangat berjasa atas semua gol yang telah dicetak beberapa mesin gol Persis, seperti Ryo Matsumura, Samsul Arif, Fernando Rodrigues Ortega.

Persis Solo tak bisa menganggap remeh Persik Kediri meski jadi klub yang sementara ini bersemayam di dasar klasemen Liga 1 2022/2023. Ditambah lagi, Persik juga berhasil menorehkan grafik yang cukup menanjak belakangan. Itu jelas menjadi catatan tersendiri bagi Persis.

Baca Juga: Teka-Teki Hilangnya Striker Asing Persik dalam 4 Pertandingan Terakhir

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya