6 Bek Brasil yang Pernah Memperkokoh Benteng Persela Lamongan

Ada Kleber dos Santos hingga Fabiano Beltrame

Meski belum pernah juara, Persela Lamongan adalah salah satu tim yang punya nama besar di Liga Indonesia. Salah satu ciri khas klub ini adalah selalu mengorbitkan pemain asing berkualitas. Banyak pemain top di Liga Indonesia yang memulai karir di klub kebanggan warga Lamongan tersebut.

Dari sekian banyak negara asal pemain, Brasil menjadi salah satu yang paling berjodoh. Banyak pemain, terutama yang berposisi bek didatangkan dari negeri Samba tersebut. Ini dia 6 bek Brasil yang pernah dimiliki oleh Persela.

1. Kleber dos Santos

6 Bek Brasil yang Pernah Memperkokoh Benteng Persela LamonganKleber dos Santos (posisi kedua dari kiri atas) saat memperkuat Persela pada 2003. (twitter.com/PerselaFC)

Kleber dos Santos adalah bek Brasil yang pertama kali membela Persela Lamongan. Pemain yang didatangkan dari Persijap Jepara ini berkiprah dalam rentang waktu 2003—2006.

Kleber adalah pemain yang menyaksikan betul perjuangan Persela di Liga Indonesia. Sebab, ia sempat memperkuat Persela di Divisi 1 alias kasta kedua pada 2003. Lalu membela Persela saat berkiprah di Divisi Utama atau kasta tertinggi pada 2004.

Bahkan, Kleber kala itu menjadi pahlawan Persela saat naik kasta ke liga tertinggi Indonesia. Ini disebabkan ia ikut bermain di laga play-off Ligina pada 2003. Kleber bermain dengan beberapa pemain asing, seperti Juan Duran dan Jorge Rodriguez Guzman.

2. Fabiano Beltrame

6 Bek Brasil yang Pernah Memperkokoh Benteng Persela LamonganFabiano Beltrame (instagram.com/fabianobeltrame15)

Siapa yang tak tahu Fabiano Da Rosa Beltrame? Bek Brasil yang sudah lalu lalang membela banyak klub jempolan di Liga Indonesia. Bahkan, pemain kelahiran 29 Agustus 1982 (40 tahun) itu masih aktif bermain hingga 2023 ini. Tenaga dan skill Fabiano masih bersaing pada era Liga 1 Indonesia.

Fabiano Beltrame rupanya adalah pemain asing orbitan Persela Lamongan. Ia pertama kali berkarier di Indonesia bersama tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu pada 2005/2006. Namun, kiprah Fabiano hanya bertahan 1 musim saat itu. Lalu, memilih hijrah ke klub lain pada 2006/2007.

Fabiano Beltrame lantas kembali berjodoh dengan Persela. Ia untuk kali kedua memperkuat Laskar Joko Tingkir pada 2008—2011. Pada periode kedua ini, Fabiano menghabiskan kiprahnya kurun waktu 4 musim bareng Persela. Ia diketahui membukukan statistik 88 penampilan dengan 6 gol selama itu. 

3. Marcio Rosario

6 Bek Brasil yang Pernah Memperkokoh Benteng Persela LamonganMarcio Rosario (kanan) saat membela Persela Lamongan pada 2017. (jawapos.com)

Setelah Fabiano Beltrame, Persela Lamongan sempat lama tak merekrut bek asal Brasil. Namun, mereka kembali melakukannya saat berkompetisi di Liga 1 Indonesia 2016/2017. Persela kala itu merekrut bek berpaspor Brasil lagi, Marcio Rosario.

Sayangnya, karier Marcio Rosario tak berjalan mulus di Persela. Ia bahkan bertahan hanya setengah musim. Marcio keluar pada putaran kedua musim kompetisi 2016/2017. Bareng Persela, Rosario sendiri mencatatkan 10 pertandingan dengan 1 gol.

Baca Juga: Berdarah Eropa, 6 Pemain Ini Pernah Berkostum Persela Lamongan

4. Ramon Rodrigues

6 Bek Brasil yang Pernah Memperkokoh Benteng Persela LamonganRamon Rodrigues (instagram.com/rrmramon)

Persela Lamongan selanjutnya mengikat kontrak Ramon Rodrigues pada putaran kedua kompetisi 2016/2017. Bek berdarah Brasil kelahiran 15 Juni 1988. Persela memboyongnya guna menggantikan posisi yang ditinggalkan Marcio Rosario.

Karir di Persela bakal diingit sepanjang waktu oleh Ramon. Bukan tanpa sebab, ia ikut terlibat dalam tragedi nahas Almarhum Choirul Huda. Kiper legenda Persela itu harus meregang nyawa usai bertabrakan dengannya dalam pertandingan melawan Semen Padang. Secara statistik, Ramon yang hanya bermain setengah musim mengemas 17 laga dengan 1 gol bagi Persela. 

5. Wallace Costa

6 Bek Brasil yang Pernah Memperkokoh Benteng Persela LamonganWallace Costa (vivagoal.com)

Pada musim selanjutnya, Persela kembali memakai jasa bek dari Brasil dengan mendatangkan Wallace Costa di kompetisi 2017/2018. Kiprah Wallace Costa berjalan positif bersama Persela. Ia membukukan statistik 30 laga dengan 4 gol secara keseluruhan. Wallace menjadi bek andalan Persela selama 1 musim penuh. Namun, sayangnya, kebersamaan mereka harus berakhir pada akhir 2017/2018.

6. Demerson Bruno

6 Bek Brasil yang Pernah Memperkokoh Benteng Persela LamonganDemerson Bruno (instagram.com/demersonbruno)

Di urutan terakhir, ada Demerson Bruno Costa sebagai bek Brasil yang pernah memperkuat Persela Lamongan. Ia jadi salah satu yang cukup lama bermain untuk Laskar Joko Tingkir. Demerson berkarier selama 2 periode lamanya.

Demerson Bruno sendiri melakoni debutnya di Persela pada putaran kedua kompetisi 2019/2020. Sempat hengkang pada akhir musim, ia kembali membela Laskar Joko Tingkir pada 2021/2022. Sayangnya, pada musim itu, Demerson menjadi saksi Persela terdegradasi ke kasta kedua usai gagal bersaing.

 

Dari 6 pemain Brasil di atas, hanya ada 2 pemain yang memiliki karir panjang bersama Persela Lamongan. Mereka adalah Kleber dos Santos dan Fabiano Beltrame. Apakah musim ini mereka akan kembali memakai jasa bek Brasil?

Baca Juga: 7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela Lamongan

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya