7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela Lamongan

Herman Dzumafo paling baru

Persela Lamongan menjadi salah satu klub era perserikatan yang masih eksis di Liga Indonesia. Nama klub yang berdiri sejak 1967 itu masih kerap didengar hingga 2023 ini. Selama ini, Persela dikenal sebagai klub yang andal mengorbitkan pemain asing di sepak bola tanah air.

Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir ini sering merekrut pemain-pemain asing berkualitas, tak terkecuali dari Afrika. Dari sekian banyak negara di Afrika, Persela kerap mendatangkan pemain asal Kamerun. Bahkan terbaru, mereka juga kembali mengontrak Herman Dzumafo Epandi yang merupakan pemain naturalisasi asal Kamerun. 

Inilah daftar 7 pemain Kamerun yang pernah singgah di Persela Lamongan.

1. William Ngondou

7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela LamonganWilliam Ngondou (instagram.com/perselainfographic)

William Ngondou adalah pemain Kamerun pertama yang dimilki Persela Lamongan. Ia pernah mengenakan kostum Persela, tepatnya pada 2004. Ngondou jadi striker andalan Laskar Joko Tingkir kala itu.

William Ngondou memilki kenangan yang diingat bersama Persela. Ia pernah jadi pahlawan Persela saat menghadapi laga kontra Persebaya di kompetisi 2004. Kala itu, Persebaya diketahui sempat membantai Persela (0-4) di Stadion Surajaya pada putaran pertama.

Namun, William Ngondou membantu Persela membalaskan kekalahan tersebut. Mereka sukses memecundangi Persebaya (1-0) di Stadion Gelora Sepuluh November pada putaran kedua kompetisi 2004. Ini adalah kali pertama Persela mampu menang di kandang Persebaya. Laga ini sendiri cukup dikenang lantaran menimbukan aksi bentrok antar suporter dari kedua klub.

2. Nyeck Nyobe

7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela LamonganNyeck Nyobe (twitter.com/persib)

Selanjutnya, Persela Lamongan pernah bekerja dengan pemain bertahan asal Kamerun pada 2007. Ia adalah George Clement Nyeck Nyobe atau biasa dipanggil Nyeck Nyobe. Persela sendiri merekrut bek kelahiran 18 Maret 1983 itu dari Persib dengan status pinjaman.

Hanya saja, kiprah Nyeck Nyobe bersama Persela tak bertahan lama. Sang pemain hanya menetap selama setengah musim pada 2007/2008. Setelah berkarier di Lamongan, ia selanjutnya kembali ke Persib dan melanjutkan kiprah di PSMS Medan pada 2009. 

3. Epalla Jordan

7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela LamonganEpalla Jordan (youtube.com/doc. Lensor Match)

Persela Lamongan pernah memakai jasa Epalla Jordan pada kompetisi 2008/2009. Pemain kelahiran 21 November 1981 asli Kamerun yang ulung bermain di posisi striker. Ia kala itu satu angkatan dengan pemain asing Persela asal Brasil, Marcio Souza. Sebelum gabung Persela, Epalla Jordan diketahui sempat jadi pemain andalan Persita Tangerang dan Persikota Tangerang.

Baca Juga: 6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga Aravena

4. Emaleu Serge

7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela LamonganEmaleu Serge (flickr.com/ongisnade.net)

Selanjutnya, ada Emaleu Serge. Pemain Kamerun ini pernah membela Persela Lamongan pada era Indonesia Super League. Eks striker Arema FC ini memperkuat Persela pada musim 2010/2011. Sayang, kariernya hanya bertahan seumur jagung. Serge berkiprah selama setengah musim saja setelah performanya tak berkembang di Lamongan.

5. David Pagbe

7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela LamonganDavid Pagbe (sumbar.antaranews.com)

David Pagbe pernah bermain untuk Persela Lamongan pada putaran kedua kompetisi 2014/2015. Namun, kiprah pemain Kamerun eks bintang Semen Padang ini juga tak bertahan lama. Pagbe bermain selama setengah musim di Lamongan hingga akhir musim 2014/2015. Secara statistik, ia diketahui mengemas 14 penampilan dengan 1 gol bersama Persela.

6. Emile Mbamba

7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela LamonganEmile Mbamba (persijap.or.id)

Persela Lamongan kembali mengikat kontrak pemain asal Kamerun pada musim 2015/2016. Mereka mendatangkan Emile Mbamba. Striker kelahiran 27 Oktober 1982 ini pernah bermain impresif di Arema Malang. Sayangnya, sikap tempramennya membuat Mbamba kerap mendapat sanksi. 

Nasib Emile Mbamba juga sama seperti beberapa pemain Persela asal Kamerun sebelumnya. Kariernya hanya sebentar di Lamongan. Mbamba membela Persela selama setengah musim saja.

7. Herman Dzumafo

7 Pemain Kamerun yang Pernah Singgah di Persela LamonganHerman Dzumafo Epandi (instagram.com/perselafc)

Nama terakhir adalah Herman Dzumafo Epandi. Ia tercatat dua kali berkostum Persela. Momen pertamanya membela Laskar Joko Tingkir adalah pada musim 2016/2017. Didatangkan dari Gresik United, Dzumafo mampu menjadi tandem striker lokal, Dendy Sulistyawan. Dari 16 kali pertandingan, Dzumafo mampu mencetak 4 gol.

Setelah berlalu lalang ke beberapa klub, Dzumafo kembali didatangkan Persela untuk Liga 2 musim 2023/2024. Bedanya, kali ini ia sudah memiliki kewarganegaraan Indonesia usai menjalani proses naturalisasi.

 

Dari semua pemain di atas, ada 5 pemain yang berposisi sebagai striker sementara 2 pemain sebagai bek. Ini membuktikan jika Persela Lamongan begitu tertarik dengan penyerang asing asal Kamerun. Apakah musim ini Persela bisa kembali berjodoh dengan Dzumafo?

Baca Juga: Gabung Persela, Ini Kiprah Gelandang Naturalisasi Lee Yu-jun

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya